Pelaksanaan Program Pembangunan Tahun 2023 Dimulai

 Pelaksanaan Program Pembangunan Tahun 2023 Dimulai

FOTO : Sekda Kabupaten Lamandau, Irwansyah, menandatangani kontrak pengadaan barang dan jasa program pembangunan tahun 2023. (FOTO : EKO BAYU)

KALTENGNEWS.co.id – Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mulai menandatangani kontrak pengadaan barang dan jasa (kick off) program pembangunan tahun 2023. Pelaksanaan itu dilakukan secara serentak di 14 Kabupaten dan Kota di Kalteng secara daring.

“Ada 18 OPD yang melakukan tandatangan kontrak, dengan total nilai Rp 2,7 miliar,” ungkap Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik. Jumat, 13 Januari 2023.

Ia berharap, melalui kegiatan kick off yang digelar di Aula Kantor Bappedalitbang Kabupaten Lamandau tersebut, penyerapan anggaran bisa lebih cepat dan bisa menggerakan perekonomian di Kabupaten berjuluk Bahaum Bakuba itu.

Menurut Hendra, pengadaan barang atau jasa memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mendukung kemajuan suatu wilayah.

“Hampir sebagian besar belanja pemerintah yang dialokasikan dalam APBD dilaksanakan melalui proses pengadaan barang atau jasa, seperti belanja barang, belanja modal, sebagian belanja bantuan sosial dan belanja hibah,” katanya.

Ia juga berharap, percepatan pelaksanaan kegiatan-kegiatan di tahun 2023 ini mampu menjadi trigger, untuk memacu perputaran uang yang ada di wilayah setempat, sehingga berdampak dengan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lamandau.

Ditambahkan Hendra, pihaknya meminta semua OPD agar segera menayangkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) tahun 2023, dan memanfaatkan katalog lokal dalam proses transaksi pada etalase yang sudah tersedia dan mengutamakan produk dalam negeri pada proses pengadaan barang dan jasa.

“Kemudian percepat proses pengadaan barang dan jasa, awasi pelaksanaan pekerjaan tersebut dan pastikan pekerjaan telah dilaksanakan sesuai kontrak yang telah ditandatangani,” tandasnya.(EK/Agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!