Orari Salah Satu Organisasi Mitra Kerja Pemerintah Dalam Menyebarluaskan Informasi

 Orari Salah Satu Organisasi Mitra Kerja Pemerintah Dalam Menyebarluaskan Informasi

FOTO : Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, saat membuka secara resmi Muslok II Orari Lokal Katingan, di aula kantor BKAD setempat.

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Lokal (Muslok) II Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (Orari) Lokal Kabupaten Katingan tahun 2023, di aula kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Katingan, Rabu 25 Januari 2023.

Turut hadir pengurus Orari Daerah Kalteng, Orari Lokal Kabupaten Katingan, perwakilan sejumlah SOPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan serta tamu undangan yang hadir.

Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang mengatakan penyelenggaraan Muslok ini merupakan momentum yang sangat baik bagi pengurus maupun anggota Orari Lokal Katingan untuk melakukan konsolidasi dan evaluasi program-program yang telah dan akan dilaksanakan.

“Saya memberikan apresiasi dan menyambut gembira penyelenggaraan kegiatan ini. Diharapkan keberadaan Orari di Kabupaten Katingan dapat menciptakan anggota amatir radio yang terampil dan menjadi mitra pemerintah mewujudkan pembangunan di Kabupaten Katingan,” jelasnya.

Menurutnya, Orari telah berperan aktif memberikan dukungan komunikasi dalam penanggulangan berbagai musibah dan bencana. Berkenaan dengan hal tersebut Orari kedepannya diharapkan untuk mampu meningkatkan peran serta dan eksistensinya ditengah-tengah masyarakat. Terlebih lagi Orari merupakan salah satu organisasi yang menjadi mitra kerja pemerintah dalam menyebarluaskan informasi kepada publik sesuai Dengan kode etik Orari.

Dijelaskan, Kabupaten katingan dengan karakteristik wilayah yang beragam dengan potensi bencana yang kemungkinan terjadi. Diantaranya berupa ancaman banjir, angin puting beliung, maupun kebakaran hutan dan lahan. Namun dengan adanya dukungan dan bantuan komunikasi dari Orari, maka upaya memberikan informasi tentang potensi ancaman terjadinya bencana dapat dilakukan secara lebih cepat dan efektif.

“Diharapkan dengan adanya informasi yang cepat dan akurat, maka masyarakat dapat dengan segera menyiapkan diri mengantisipasi ancaman bencana yang ada. Yang tidak kalah pentingnya adalah pengurus maupun anggota Orari diharapkan untuk ikut berperan aktif mengantisipasi berita hoax serta informasi yang potensial menimbulkan konflik dan perpecahan ditengah-tengah masyarakat,”jelas Sunardi.

(AS)

Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!