PG-PAUD FKIP UPR Lakukan Pengabdian Pendidikan Karakter Anak melalui Pagelaran Dongeng Fabel

 PG-PAUD FKIP UPR Lakukan Pengabdian Pendidikan Karakter Anak melalui Pagelaran Dongeng Fabel

FOTO : Tim Pengabdian Prodi PG-PAUD FKIP UPR berfoto bersama puluhan anak-anak di Kelurahan Petuk Katimpun, saat kegiatan Pagelaran Dongeng Fabel, Rabu (7/12/2022). Foto Yundhy 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Program Studi (Prodi) PG PAUD FKIP UPR melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, melalui Pagelaran Dongeng Fabel Bersama Mahasiswa dan Dosen PG PAUD FKIP UPR.

Kegiatan ini mengusung tema “Menanamkan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini” dilaksanakan selama dua hari, sejak tanggal 7 hingga 8 Desember 2022 yang mengambil lokasi di aula pertemuan kantor Kelurahan Petuk Katimpun Pal 10 dan TK Kasih Ibu Pal 14 di lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalan Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya.

Mewakili Tim Pengabdian yang juga dosen Prodi PG-PAUD FKIP UPR, Kartika Ananda, M.Pd menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat, sekaligus pula sebagai wujud Merdeka Belajar – Kampus Merdeka atau MBKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen dari program studi PG-PAUD FKIP UPR di semester ini.

FOTO : Kegiatan Pagelaran Dongeng Fabel bersama Mahasiswa PG-PAUD FKIP UPR di Kelurahan Petuk Katimpun, Rabu (7/12/2022). Foto Yundhy

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter bagi anak dari usia dini. Dimana, anak-anak yang hadir dibawa untuk mendengarkan cerita dongeng yang dibacakan oleh mahasiswa dari Prodi PG-PAUD FKIP UPR.

“Salah satu metode pendidikan karakter bagi anak usia dini, yakni melalui cara bercerita. Dari cerita yang disampaikan, anak-anak juga diajak untuk membedakan, mana karakter yang baik dan mana karakter yang tidak baik. Sehingga, anak-anak diharapkan dapat membedakan karakter mana yang sebaiknya dipilih dan diikuti dalam kehidupannya sehari-hari,” terangnya, disela kegiatan Pagelaran Dongeng Produk PG-PAUD FKIP UPR, Rabu (7/12/2022) di aula pertemuan Kantor Kelurahan Petuk Katimpun.

Dia berharap melalui kegiatan ini, sebagai upaya membangun karakter positif anak dari semenjak dini.

Pada pagelaran dongeng ini, selain membawakan cerita yang mengajarkan pendidikan karakter, pihaknya juga telah mempersiapkan cerita dongeng tentang kearifan lokal.

Di mana, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, di dua tempat berbeda, yakni di aula kantor kelurahan Petuk Katimpun Pal 10 dan TK Kasih Ibu Pal 14, Jalan Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya.

Tidak lupa, mewakili Tim Pengabdian Prodi PG-PAUD FKIP UPR, Kartika menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak Kelurahan Petuk Katimpun yang sudah menerima dan menyambut baik, bahkan mendukung kegiatan ini, dengan menyediakan tempat di aula kantor Kelurahan Petuk Katimpun ini.

Sementara itu,

“Kami juga berharap kedepan, kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan dan menjangkau daerah-daerah di Kalimantan Tengah ini. Karena, pendidikan karakter memang sangat penting untuk diberikan bagi anak dari usia dini, dalam rangka mempersiapkan SDM yang memiliki karakter positif, sebagai calon penerus dan pemimpin bangsa di masa mendatang,” ungkapnya.

FOTO : Kegiatan Pagelaran Dongeng Fabel bersama Mahasiswa PG-PAUD FKIP UPR di Kelurahan Petuk Katimpun, Rabu (7/12/2022). Foto Yundhy

Disisi lain, Ketua Pelaksana Pagelaran Dongeng di Kelurahan Petuk Katimpun, Widya Ariani menyampaikan animo dari anak-anak yang didampingi para orang tuanya untuk mengikuti kegiatan hari terbilang cukup tinggi.

Hal itu dibuktikan, dengan jumlah anak-anak di wilayah Petuk Katimpun yang mengikuti kegiatan hari ini mencapai puluhan orang.

“Kami sangat berharap, kedepan kegiatan ini bisa terus berlanjut dengan melibatkan mahasiswa. Kegiatan ini sangat baik, karena menjadi sarana kami (mahasiswa, red) untuk belajar banyak hal, mulai dari menyusun dan mengatur acara hingga menjadi tempat untuk belajar belajar “Public Speaking” melalui cara bercerita,” ucap Widya yang juga mahasiswa dari program studi PG-PAUD FKIP UPR ini.

Sementara itu, masih di hari dan tempat yang sama, mewakili Lurah Petuk Katimpun, Kasi Kesos (Kesejahteraan Sosial) Kelurahan Petuk Katimpun, Benedictus Yudistira, S.STP., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Pengabdian dari program studi PG-PAUD FKIP UPR yang telah memilih Kelurahan Petuk Katimpun, sebagai tempat pelaksanaan Pagelaran Dongeng hari ini.

FOTO : Kasi Kesos Kelurahan Petuk Katimpun, Benedictus Yudistira, S.STP., saat menyampaikan sambutan pada Kegiatan Pagelaran Dongeng Fabel bersama Mahasiswa PG-PAUD FKIP UPR, Rabu (7/12/2022). Foto Yundhy

“Kami sangat menyambut baik adanya kegiatan hari ini. Kegiatan ini, untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kelurahan Petuk Katimpun yang menghadirkan anak-anak didampingi orang tua, mahasiswa dan dosen untuk mendengarkan cerita dongeng. Kami juga berharap, kedepan kegiatan ini dapat terus berlanjut,” tandasnya.

Sebagai informasi, adapun Tim Pengabdian Prodi PG-PAUD FKIP UPR di Kelurahan Petuk Katimpun, terdiri atas dosen yakni Elisabeth Fransiska Saragi Sitio, M.Psi., Psikolog; Kartika Ananda, M.Pd; Wahyuni Christiany Martono, M.Psi., Psikolog; dan Sophia Oktavia B.

Serta, mahasiswa pelaksana kegiatan Pagelaran Dongeng PG-PAUD FKIP UPR di Kelurahan Petuk Katimpun, yakni Widya Ariani; Sella Natalia Usti dan Resti Aprilia.

Turut hadir, Kasi Kesos Kelurahan Petuk Katimpun, Benedictus Yudistira, S.STP; Bhabinkamtibmas Petuk Katimpun, Bripka. M. Abdullah Epris, serta diikuti oleh puluhan anak-anak yang didampingi para orang tuanya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *