Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Desa, Diharapkan Pemda Berikan Solusi

 Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Desa, Diharapkan Pemda Berikan Solusi

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, Yulilis.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, Yulilis meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah, supaya dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat secara merata hingga ke wilayah pedesaan.

“Saat kami melakukan reses, aspirasi atau usulan kebutuhan air bersih memang kerab diusulkan oleh warga di desa. Air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar warga, maka dari itu kami pun meminta seraya mendorong pemerintah daerah agar dapat mencarikan solusinya,” pinta Yulilis, baru-baru ini.

Lanjut Anggota Komisi IV DPRD Kalteng membidangi Pembangunan Infrastruktur dan Ketenagakerjaan ini juga mengatakan dalam upaya memenuhi kebutuhan air bersih warga desa, hendaklah pemerintah daerah dapat berkoordinasi dengan perusahaan daerah air minum (PDAM).

Dan, apabila memang PDAM tidak bisa menjangkau atau mengalirkan air bersih hingga ke desa-desa, maka ada baiknya pemerintah daerah dapat berkoordinasi dengan pemerintah desa, guna mencarikan solusi untuk memenuhi kebutuhan air bersih di desa-desa; di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai ini, misalkan dengan cara menyediakan sarana dan prasarana, serta teknologi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan air bersih tersebut.

Dia juga menyebut di wilayah Kalteng sendiri khususnya di desa-desa masih banyak yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih, hal ini karena minimnya sumber atau keberadaan sarana dan prasarana maupun fasilitas untuk mengadakan air bersih.

Dia juga mencontohkan beberapa daerah yang saat ini membutuhkan air bersih, diantaranya beberapa desa yang ada di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

“Di sana, masih banyak desa yang kesulitan mendapat air bersih, ini yang perlu menjadi perhatian pemda,” bebernya.

Dia menambahkan di sejumlah wilayah di Kalteng ini, utamanya desa tentu ada memiliki sumber air bersih namun untuk mendapatkannya masih terkendala sarana dan prasarana baik itu tempat penampungan maupun alat untuk mengalirkan air tersebut ke pemukiman warga.

“Ada sejumlah desa yang memiliki sumber air bersih, tapi tempatnya jauh jadi perlu sarana dan prasarana pendukung baik untuk menampung maupun mengalirkan air itu ke pemukiman warga, nah ini tentu perlu dukungan pemda untuk menyediakan sapras, teknologi tepat guna maupun peralatan yang dibutuhkan desa,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *