November akhir BPS Pulpis Lakukan Finishing Data Regsosek

 November akhir BPS Pulpis Lakukan Finishing Data Regsosek

FOTO : Kepala BPS Pulang Pisau, OO Suharto 

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Akhir November ini Badan Pusat Statistik (BPS) Pulang Pisau telah masuk tahap finishing dalam giat pelaksanaan Program Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek). Hal itu disampaikan oleh OO Suharto, Kepala BPS Pulpis, Sabtu (26/12/2022).

“Pendataan Regsosek berupa pengumpulan data seluruh penduduk telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat beberapa tahun belakangan ini, sehingga mereka menugaskan BPS dalam melakukan pendataan awal, yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan warga, terutama yang kami lakukan di Pulpis ini,” terangnya.

Dijelaskan suharto sapaan akrabnya, keterbatasan cakupan data sosial ekonomi penduduk yang ada hingga saat ini kerap terjadi, tidak terkecuali pada wilayah Kabupaten Pulang Pisau, yang mana setiap tahunnya data-data tersebut selalu berubah.

“Maka oleh sebab itu, program ini dilakukan untuk terus mengetahui kondisi terkini sosial ekonomi penduduk yang ada, sehingga pada masa mendatang data itu dapat dimanfaatkan oleh seluruh program dan layanan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah daerah kepada masyarakat,” tandasnya.

lanjutnya, kegunaan lain dari data regsosek itu dapat pula meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti bantuan pendidikan, bantuan sosial, bantuan kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

“Ini juga adalah suatu upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal yang up to date, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih lagi, dan jauh lebih efisien,” tambahnya.

Dijelaskannya pula, kegiatan dilapangan itu selain dokumentasi berupa foto juga dilakukan kuisioner pendataan yang mencakup kondisi perumahan, sosio ekonomi, geografis, kepemilikan aset, kondisi sanitasi air bersih, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan, serta

informasi ekonomi sosial seperti warga menengah bawah, menengah, serta menengah atas dengan melibatkan Perangkat Desa, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan pihak terkait lainnya. (DENNY/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *