Masyarakat Desa Tumbang Runen dan Asem Kumbang Minta adanya Bantuan Bibit Ikan

 Masyarakat Desa Tumbang Runen dan Asem Kumbang Minta adanya Bantuan Bibit Ikan

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Sengkon, SE. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng membidangi Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, Sengkon, SE menyampaikan usulan atau aspirasi dari masyarakat Desa Tumbang Runen dan Desa Asem Kumbang, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, meminta adanya bantuan bibit ikan dari pemerintah.

“Saat saya melakukan reses dalam daerah pada beberapa waktu lalu, khususnya masyarakat dari dua desa tersebut mengusulkan adanya bantuan bibit ikan. Karena, mengingat mata pencaharian masyarakat setempat, utamanya sebagai nelayan,” ucapnya, saat dibincangi redaksi Kaltengnews.co.id, Selasa (01/11/2022) pagi di gedung DPRD Kalteng.

Lanjut Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini juga mengatakan bantuan bibit ikan tersebut, dimaksudkan untuk mengantisipasi agar mereka dapat tetap berusaha ketika kondisi banjir.

Perlu diketahui pula bahwa kondisi geografis di wilayah desa tersebut, tidak memungkinkan untuk mengembangkan sektor pertanian, sehingga sektor perikanan hanya  satu-satunya menjadi mata pencaharian masyarakat di sana.

“Kondisi banjir yang terjadi juga sangat berpengaruh secara langsung terhadap kegiatan perekonomian masyarakat setempat yang mayoritasnya sebagai nelayan atau bergerak di sektor perikanan. Bantuan tersebut, juga dinilai sangat perlu diberikan oleh pemerintah, supaya masyarakat juga bisa tetap melanjutkan kegiatan perekonomiannya,” ungkap Sengkon.

Lebih dalam, Ketua DPW Perindo Kalteng ini juga mengatakan berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, ketika kondisi banjir yang terjadi pada beberapa waktu belakangan ini, mereka (nelayan, red) setempat sangat sulit untuk mencari ikan, dikarenakan kondisi air sungainya yang meluap, sehingga sangat kesulitan untuk mendapatkan ikan seperti hari-hari biasanya saat sebelum banjir.

“Untuk itu, saya sangat berharap seraya meminta kepada pemerintah daerah, supaya dapat memperhatikan usulan atau aspirasi dari masyarakat Desa Tumbang Runen dan Desa Asem Kumbang, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan. Sehingga, dengan adanya bantuan bibit ikan seperti yang diinginkan, harapannya masyarakat setempat dapat meneruskan aktivitas perekonomiannya,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *