IPSI Katingan Gelar Pelatihan Wasit Juri Dan Coaching Clinic Pelatih Pertandingan

 IPSI Katingan Gelar Pelatihan Wasit Juri Dan Coaching Clinic Pelatih Pertandingan

FOTO : Sekretaris KONI Kabupaten Katingan, Budiman L Gaol, saat membuka kegiatan Pelatihan Wasit Juri dan Coaching Clinic Pelatih Pertandingan Pencak Silat se-Kabupaten Katingan, di aula kantor NU Katingan.

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Katingan gelar Pelatihan Wasit Juri dan Coaching Clinic Pelatih Pertandingan Pencak Silat se-Kabupaten Katingan, di aula Nahdlatul Ulama (NU) Jalan Tjilik Riwut Km.1 Kota Kasongan, Jumat 18-20 November 2022.

Pelatihan ini dibuka secara resmi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Katingan Christian Rain, melalui Sekretaris KONI Kabupaten Katingan Budiman L Gaol. Pihak Panitia menghadirkan dua orang narasumber yaitu Purnomo (sebagai wasit juri Nasional) dan Agus Siswanto  (wasit juri nasional sekaligus pelatih nasional).

Sekretaris Umum KONI Kabupaten Katingan, Budiman L Gaol, menyampaikan bawah KONI memberikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh IPSI terutama dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para pelatih di Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

“Kami sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini. Selain meningkatkan SDM, tentu nantinya dalam rangka persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Kalteng di Sampit Kotawaringin Timur tahun 2023 nantinya,” jelas Budiman L Gaol.

FOTO : Sekretaris KONI Kabupaten Katingan Budiman L Gaol, foto bersama pengurus IPSI Katingan dan para atlet usai membuka kegiatan pelatihan.

Sementara itu, Ketua IPSI Kabupaten Katingan, Adhirawan, mengatakan pelatihan ini salah satunya untuk melakukan pembenahan kualitas SDM melalui pelatihan wasit juri.

Pentingnya Wasit Juri adalah apabila mereka bisa mewakili Katingan dan beberapa event, tentunya mereka bisa membawa pengetahuan dari luar kemudian membawa pengalaman yang ada tersebut masuk kembali ke daerah.

“Dengan demikian kita nantinya bisa merepress kembali atlet kita untuk penyesuan atau mengetahui bagaimana potensi atlet diluar, sehingga apa saja yang harus kita persiapkan nantinya. Kita sebenarnya sudah mempunyai Wasit Juri, tetapi banyak yang sudah pindah domisili segala macam, sehingga akhirnya kehilangan. Inilah yang kita lakukan sekarang melalui pelatihan,” jelasnya.

Menurutnya, atlet IPSI Kabupaten Katingan mempunyai peluang yang baik dalam meraih prestasi di ajang PORPROV Kalteng di Kota Sampit Kotawaringin Timur tahun 2023.

Atlet yang bakal disiapkan minimal 3 tingkat dari strata I, II dan III, inipun tergantung peraturan teknis yang dikeluarkan oleh pihak panitia besar.

“Usia yang bakal bisa meraih medali emas sekira pada usia dibawah 24 tahun. Semoga target yang kita harapkan nanti bisa terwujud, terutama dengan persiapan yang benar-benar matang untuk meningkatkan kualitas para atlet,” pungkasnya.

(AS)

Nas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *