Sapras Praktikum Di SMK/STM Perlu Lebih Dilengkapi 

 Sapras Praktikum Di SMK/STM Perlu Lebih Dilengkapi 

FOTO : Anggota Komisi III DPRD Kalteng membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, Duwel Rawing. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, Duwel Rawing mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng, untuk bisa melengkapi fasilitas dan Sarana Prasarana (Sapras) SMK/STM di seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

“Ketersediaan Sapras dan fasilitas untuk SMK/STM merupakan kunci dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap menghadapi dunia kerja,”ucap Anggota Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) meliputi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata ini, Senin (10/10/2022).

Lanjut Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini juga menyebutkan SMK/STM, pada dasarnya memang dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja ketika lulus dengan menyandang skill serta kompetensi khusus.

Namun, harus menjadi perhatian ujarnya adalah, pemerintah berkewajiban selama proses belajar mengajar tidak hanya sebatas sekadar teori, tetapi ada praktek kejuruan yang memerlukan Sapras dan fasilitas praktek yang memadai.

“Masih banyak SMK/STM di Kalteng yang belum memiliki sapras dan fasilitas praktek yang memadai, khususnya jurusan teknik mesin,” ungkapnya.

Dikatakannya, ada yang sudah memiliki berbagai macam sapras dan fasilitas praktek, tetapi sapras dan fasilitas tersebut tidak menyesuaikan dengan kondisi saat ini yang sudah berkembang.

Misalnya, untuk jurusan Teknik Mesin, dimana mesin yang digunakan pada kendaraan bermotor sudah jauh berkembang, namun faktanya saat praktek di SMK/STM masih menggunakan mesin lama yang sudah tidak dikeluarkan lagi dari pabrik.

Lebih dalam, Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini juga berharap agar Sapras dan fasilitas praktek SMK/STM bisa mendapat perhatian dan dukungan dari Pemprov Kalteng, mengingat kewenangan SMA/SMK/SLB berada di ranah Provinsi.

“Kalau kita tidak menyesuaikan dengan perkembangan zaman, maka generasi muda di Kalteng akan tertinggal dan kalah bersaing dengan anak-anak di daerah lain termasuk di Pulau Jawa. Sehingga saya berharap Pemprov Kalteng melalui Disdik bisa memberikan perhatian serta dukungan untuk melengkapi Sapras dan fasilitas SMK,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *