Purman : Masyarakat Ingin Kembali Menekuni Usaha Karet dan Rotan

 Purman : Masyarakat Ingin Kembali Menekuni Usaha Karet dan Rotan

FOTO : Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, H. Purman Jaya.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, H. Purman Jaya menyampaikan aspirasi dari masyarakat Desa Jaman, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara yang ingin kembali menekuni usaha petani karet dan rotan.

Dikatakannya, usaha itu semenjak dahulu memang sudah digeluti oleh masyarakat setempat. Namun, saat ini kebanyakan masyarakat di wilayah itu terpaksa harus beralih profesi menjadi penyedot atau penambang emas maupun puya, lantaran harga karet dan rotan yang hingga kini masih tidak stabil.

“Padahal masyarakat ingin kembali menekuni usaha tersebut, tapi keinginan masyarakat kembali menekuni usaha karet dan rotan itu terkendala harga yang tidak stabil,” kata Anggota DPRD Kalteng, Purman Jaya, Rabu (19/10/2022).

Lanjut anggota Komisi IV DPRD Kalteng ini juga mengungkapkan, hal itu diketahui pihaknya pada saat ketika melaksanakan reses di Kabupaten Barito Utara beberapa waktu lalu dan mengunjungi Desa Jaman serta mendapati informasi demikian dari masyarakat setempat.

Tidak hanya itu, Politisi PKB ini juga menceritakan bahwa, masyarakat di Desa Jaman terpaksa harus beralih propesi menjadi penambang emas meskipun pekerjaan tersebut mempunyai ketidakpastian pendapatan tinggi karena tuntutan untuk menyambung hidup keluarga.

“Masyarakat sadar usaha menambang emas itu juga memiliki resiko sangat besar seperti berbenturan dengan hukum maupun kecelakaan yang dapat merenggut nyawa, tapi terpaksa harus dilakukan sebab untuk membiayai kehidupan keluarga baik makan, sekolah anak, berobat dan lain sebagainya,” ujarnya.

Atas dasar itulah, masyarakat di desa tersebut berharap kepada pemerintah daerah baik provinsi ataupun kabupaten Barito Utara supaya dapat mencarikan solusi agar harga karet dan rotan bisa kembali merangkak naik dan stabil, sehingga mereka bisa kembali menekuni usaha karet dan rotan.

“Jika harga karet dan rotan naik mereka akan meninggalkan pekerjaan menambang emas itu, karena usaha karet dan rotan ini minim resiko. Harapan kita juga sebagai wakil rakyat ini bisa menjadi fokus perhatian pemda, karena bagaimanapun usaha itu sudah semenjak lama dijalani masyarakat kita di Kalteng ini,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *