Berharap dari Raker APEKSI Lahirkan Rekomendasi Strategis 

 Berharap dari Raker APEKSI Lahirkan Rekomendasi Strategis 

FOTO : Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat memberikan sambutan pada pembukaan Raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan, di Palangka Raya. Foto (Red/VD)  

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Sumber daya manusia (SDM) aparatur kunci sukses pembangunan dan pelayanan publik’, menjadi tema utama

Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Raker Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan, di Palangka Raya.

Raker itu sendiri di buka Wakil Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo, di Ballroom Swissbell Hotel Palangka Raya, Kamis (20/10/2022) pagi.

Dalam sambutannya selalu tuan rumah raker, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, menyampaikan terima kasih kepada seluruh wali kota se-Kalimantan maupun perwakilan yang hadir pada kegiatan rapat kerja rutin tersebut.

“Diharap raker ini mampu melahirkan rekomendasi serta inovasi strategis yang nantinya akan disampaikan ke pemerintah pusat melalui dewan pengurus Apeksi. Hasil raker ini diharap pula dapat menunjang pembangunan daerah dan antar daerah secara berkelanjutan,”harap Fairid.

Sementara itu Ketua Komwil V Apeksi sekaligus Wali Kota Tarakan, Khairul mengatakan, raker Apeksi ini merupakan komitmen sembilan kota regional Kalimantan, untuk bersama-sama merumuskan solusi konkret terhadap permasalahan yang ada.

“Ini kesempatan kita untuk mewujudkan sinergitas dan kolaborasi, mewujudkan kerjasama pentahelix antara pemerintah, masyarakat, swasta, pers termasuk juga akademisi,”sebut Khairul.

Melalui raker ini ia berharap, bisa menghasilkan rekomendasi yang mendorong kemajuan di kota seluruh Kalimantan. “Pada raker sebelum-sebelumnya, sudah banyak menghasilkan rekomendasi. Terutama mengenai konektivitas berbagai sektor antar wilayah se-Kalimantan. Termasuk rekomendasi terkait persiapan bersama dalam menyambut ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur,” paparnya.

Usai pembukaan raker, agenda dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan topik antara lain best practice tanggapan reaksi cepat layanan masyarakat : Fairid-Umi Siaga 112 disampaikan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin. Selanjutnya, penyederhanaan birokrasi oleh Ditjen OTDA Kemendagri. Lalu, penyelesaian tenaga non ASN dan pengangkatan PPPK oleh Deputi Bidang Sumber Daya Paratur Kemenpan-RB, dan penganggaran belanja SDM aparatur pada APBD oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam, Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah, para wali kota perwakilan dari 9 anggota Apeksi Komwil V, narasumber dari kementerian pusat hingga pimpinan OPD dan Forkopimda kota setempat.(VD/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *