Tiga Kecamatan Ikuti Pelatihan Dan Pembinaan Pengelolaan Destinasi Wisata

 Tiga Kecamatan Ikuti Pelatihan Dan Pembinaan Pengelolaan Destinasi Wisata

FOTO : Asisten II Setda Kabupaten Katingan, Ahmad Rubama saat membuka secara resmi kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Destinasi Wisata.

 

KALTENGNEWS.co.idKASONGANBupati Katingan Sakariyas, melalui Asisten II Sekda Katingan Ahmad Rubama, membuka secara resmi kegiatan penyelenggaraan Pelatihan dan Pembinaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Destinasi Wisata, di aula kantor Bappelitbang setempat, Rabu 7 September 2022.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disporbudpar) setempat tersebut untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata daerah yang unggul dan berdaya saing di Kabupaten Katingan terutama bagi peserta wilayah Kecamatan Mendawai, Marikit dan Kamipang. Turut hadir juga Kepala dinas lingkungan hidup (DLH), Kepala dinas badan kepagawaian, pendidikan dan pelatihan (BKPP), Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD) serta tamu undangan yang hadir.

Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama, mengatakan bahwa Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kerjasama masyarakat desa di 3 (tiga) kecamatan yaitu Mendawai, Marikit dan Kamipang bersama Disporbudpar pada kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Destinasi Wisata.

Pelatihan yang diikuti ini diharapkan nantinya peserta mengetahui dan memahami pengetahuan dasar kepariwisataan, mengetahui dan memahami pentingnya sapta pesona dalam mewujudkan masyarakat sadar wisata. Selain itu dapat memberikan nilai tambah dan memiliki manfaat bagi kemajuan perkembangan pariwisata di kabupaten katingan.

“Peserta juga diharapkan mampu memahami pengembangan kelembagaan pengelola potensi wisata di desa serta pengembangan dan pengelolaan produk pariwisata di desa,” jelas Ahmad Rubama.

Kemudian, kepada Kepala Desa diharapkan bisa mendukung hasil dari kegiatan ini melalui Dana Desa/ ADD yang bisa dialokasikan pada pengembangan potensi pariwisata di setiap desa. Tentunya keberadaan objek wisata di Kabupaten Katingan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan sebagai salah satu daerah wisata unggulan di masa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Disporbudpar Kabupaten Katingan Risnaduar, mengatakan pelatihan dan pembinaan masyarakat dalam pengelolaan destinasi wisata tersebut dengan tujuan meningkatkan kompetensi SDM pariwisata daerah yang unggul dan berdaya saing, khususnya pada Kecamatan Mendawai, Marikit dan Kamipang yang akan menjadi mitra kerja pemerintah daerah dalam mengelola kepariwisataan.

“Sehingga pada masanya dapat menjadi salah satu prioritas pembangunan ekonomi daerah yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Katingan yang sejahtera,”jelas Risnaduar.

(AS)

Nas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *