Terkait Kenaikan Harga BBM, DPRD Kalteng Terima Aspirasi dari Gerakan Solidaritas MKM 

 Terkait Kenaikan Harga BBM, DPRD Kalteng Terima Aspirasi dari Gerakan Solidaritas MKM 

FOTO : Gerakan Solidaritas Masyarakat Kalteng Menggugat, di depan Gedung DPRD Kalteng, Jalan S. Parman, Kota Palangka Raya, Senin (05/08/2022) siang.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah menerima ratusan masa aksi yang tergabung kedalam gerakan solidaritas Masyarakat Kalteng Menggugat atau MKM, menyusul adanya kebijakan pemerintah untuk menyesuaikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) sehingga menimbulkan adanya kenaikan harga BBM di pasaran. Aksi berlangsung di depan Gedung DPRD Kalteng, Jalan S. Parman, Kota Palangka Raya, Senin (05/08/2022) siang.

Masa Aksi MKM yang terdiri dari unsur BEM dan Keluarga Besar Mahasiswa (KBM), OKP dan Ormas ini diterima langsung oleh Ketua DPRD Kalteng H. Wiyatno, SP didampingi Wakil Ketua II DPRD Kalteng H. Jimmy Carter beserta sejumlah unsur pimpinan dan anggota Komisi I, II, III dan IV DPRD Kalteng.

Dalam kesempatan tersebut, Juru Bicara Aksi MKM, Marselinus Darman yang juga merupakan perwakilan BEM UNKRIP menyerukan tuntutan, yakni Pertama, Menuntut DPRD Kalteng agar mendesak DPR RI dan Pemerintah untuk mengaudit kembali BPH Migas, dalam regulasi penyaluran BBM Bersubsidi; Kedua, Menuntut DPRD Kalteng agar mendesak DPR RI untuk meminta KPK usut kasus jual beli berkaitan dengan dana distribusi BBM subsidi;

Ketiga, Menuntut DPRD Kalteng agar mendesak DPR RI melalui Rapat Kerja Kementerian ESDM untuk mengawal stabilitas harga BBM Bersubsidi; Keempat, Menuntut DPRD Kalteng agar mendesak DPR RI melalui Rapat Kerja Kementerian Keuangan agar dapat memprioritaskan APBN untuk kesejahteraan masyarakat; serta Kelima, Mendesak DPRD Kalteng untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Gubernur Kalteng berkaitan dengan regulasi penyaluran BBM Bersubsidi agar tepat sasaran.

 

FOTO : Ketua DPRD Kalteng H. Wiyatno, SP didampingi Wakil Ketua II DPRD Kalteng H. Jimmy Carter beserta sejumlah unsur pimpinan dan anggota Komisi I, II, III dan IV DPRD Kalteng, saat menerima masa aksi dari Masyarakat Kalteng Menggugat, di depan Gedung DPRD Kalteng, Jalan S. Parman, Kota Palangka Raya, Senin (05/08/2022) siang.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kalteng H. Wiyatno menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya, kepada mahasiswa yang telah mewakili aspirasi masyarakat Kalimantan Tengah, dalam menanggapi adanya kenaikan harga BBM Bersubsidi. Demo ini tidak hanya terjadi di Kalimantan Tengah saja, tapi juga hampir di 33 provinsi di Indonesia.

“Selanjutnya, aspirasi dari mahasiswa yang mewakili masyarakat Kalteng akan diteruskan kepada DPR RI dan pemerintah, sesuai dengan mekanisme yang ada,” ucap Wiyatno saat menerima masa aksi di depan Gedung DPRD Kalteng siang tadi.

Dikatakannya, aspirasi ataupun tuntutan yang disampaikan agar kebijakan tersebut dapat ditinjau kembali, sesuai dengan harapan dari masyarakat.

Sebagai informasi, gerakan aksi solidaritas Masyarakat Kalteng Menggugat berjalan dengan aman, lancar dan tertib di bawah layanan pengawalan dari kepolisian setempat. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!