Smile Train Indonesia, CAA dan PW IWO Kalteng Bekolaborasi Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

 Smile Train Indonesia, CAA dan PW IWO Kalteng Bekolaborasi Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

KALTENGNEWS.CO.ID, BUNTOK- 12 anak penderita bibir sumbing (cleft palate) dan langit-langit, mengikuti operasi bedah plastik gratis di Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

Bakti sosial ini merupakan kerjasama Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online Indonesia (PW IWO) Kalimantan Tengah Smile Train Indonesia, Ciliandy Anky Abadi (CAA) Grup, serta sejumlah pihak baik unsur pemerintah daerah dan pelaku usaha.

“Selama ini banyak orang tua yang tidak dapat mengoperasi karena terkendala biaya. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi sesama, meski sedikit,” kata Ketua PW IWO Kalteng, Deni Liwan, di Buntok, Jumat (23/9/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Jaraga Sasameh di Kota Buntok. Operasi dilakukan oleh tim medis dari Yayasan Anugerah Sentosa Surabaya dan dokter spesialis bedah plastik.

Pekerja Sosial Smile Train Indonesia untuk Wilayah Kalteng, Chris Philip Alessandro mengatakan, kegiatan ini untuk yang kedua kalinya pihaknya bekerjasama dengan IWO Kalteng. Operasi gratis yang pertama digelar pada 2018 lalu di tempat yang sama.

Pasien yang menjalani operasi umumnya berasal dari sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah. Beberapa bahkan ada dari provinsi tetangga yang letaknya dekat secara geografis dengan Kota Buntok.

Chris mengatakan, dengan penambahan 12 ini, maka jumlah penderita bibir sumbing di Kalteng yang telah dioperasi menjadi 520.

“Waiting list masih ada sekitar 30 penderita lagi. Kenapa waiting list, karena ada pertimbangan medis seperti berat badan yang belum sesuai syarat untuk dioperasi,” kata Chris.

Ketua DPRD Barito Selatan, HM Farid Yusran, menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan, hal ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga kedepan ada kegiatan-kegiatan serupa dan pasti akan kita dukung karena ini untuk rakyat kita,” ujar Farid. (Roni Sahala)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *