Perlunya Optimalisasi Sektor Pelabuhan Bongkar Muat Barang dan Jasa

 Perlunya Optimalisasi Sektor Pelabuhan Bongkar Muat Barang dan Jasa

FOTO : Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong pemerintah daerah (Pemda) beserta pihak terkait lainnya, untuk memfungsikan pelabuhan bongkar muat barang dan jasa di Kalteng secara lebih maksimal lagi. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry M. Yoseph, Sabtu (24/09/2022).

Menurutnya, pelabuhan bongkar muat barang dan jasa di Kalteng, perlu difungsikan secara lebih maksimal lagi. “Harapan kami agar semua pelabuhan berfungsi maksimal. Khususnya dalam aktivitas bongkar muat barang dan jasa,”harap Henry M Yoseph.

Dikatakan kalau semua pelabuhan berfungsi maksimal maka sedikit banyak dapat mendorong aktivitas masyarakat dan mengeliatkan ekonomi masyarakat dan daerah setempat.

“Tentunya juga menjadi salah satu peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Karena itu diharapkan instansi terkait dapat menginventarisasi pelabuhan yang ada, yang aktif dan tidak aktif,”sarannya.

Wakil rakyat DAS Barito ini mengatakan pelabuhan ataupun dermaga juga menjadi sarana vital masyarakat, baik membawa hasil alam dan juga kepentingan pekerjaan dan lainya.

Legislator Fraksi Nasdem DPRD Kalteng ini berharap sektor laut dan sungai mulai di tingkatkan terus guna menunjang pendapatan asli daerah (PAD) mulai 2022-2023 ini.

“Semua potensi PAD harus dimaksimalkan termasuk sektor pelabuhan atau dermaga. Sebab kami menilai masih banyak pelabuhan dan dermaga yang belum beroperasional sebagaimana diharapkan,”katanya.

Mantan Ketua DPRD Murung Raya ini yakin, kalau semua potensi dapat dimaksimalkan maka dapat memacu peningkatan APBD Kalteng 2023 mendatang.

“Dinas atau instansi terkait, harus aktif dan kreatif mendorong optimalisasi potensi yang ada di bidang masing-masing. Kalau PAD dan APBD naik maka pembangunan juga semakin cepat meningkat di wilayah ini,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *