Minimnya Alat Praktek Di SMK Jadi Perhatian Dewan Kalteng

 Minimnya Alat Praktek Di SMK Jadi Perhatian Dewan Kalteng

FOTO : Anggota Komisi III DPRD Kalteng bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, Duwel Rawing. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kebutuhan alat peraga atau alat praktek untuk satuan pendidikan SMK di daerah, perlu lebih diperhatikan. Tujuannya agar memudahkan siswa ketika ingin melaksanakan praktikum. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi III DPRD Kalteng bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, Duwel Rawing saat dibincangi sejumlah awak media.

“Saat reses belum lama ini, saya masih menemukan SMK yang minim alat praktek. Kondisi demikian, tentunya perlu mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah, untuk mengadakannya. Sebab alat praktek sangat penting guna menunjang ilmu pengetahuan para siswa,” ucap Duwel, Selasa (13/09/2022).

Lanjut Politisi Senior PDIP Kalteng ini juga mengatakan mengenai alat praktek ini, menjadi aspirasi yang disampaikan ketika ia melaksanakan reses di Kabupaten Katingan, khususnya di SMK jurusan pertanian desa Tumbang Lahang dan Luwuk Kanan.

“Mereka di sana meminta agar alat praktek yang ada bisa ditambah, untuk menunjang pembelajaran dan kegiatan praktikum,” ungkapnya.

Lebih dalam, ia juga berharap agar apa yang menjadi usulan atau aspirasi tersebut, dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah melalui instansi dinas terkait. Sehingga, harapannya proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Adapun alat penunjang praktek yang diharapkan, yakni berupa Hand Traktor maupun Traktor Mini. Alasan alat pertanian ini dibutuhkan, sebab saat ini pertanian sudah mengarah ke konsep modern, sehingga pembelajaran pun harus ditingkatkan supaya pengetahuan siswa juga meningkat terhadap pertanian dengan konsep modern tersebut.

Selain itu, permintaan akan alat penunjang praktek belajar ini juga karena menyesuaikan lahan yang di kelola, terutama tekstur tanah di wilayah setempat, di mana lebih cocok mengembangkan pertanian persawahan.

“Kehadiran dari Traktor Mini ini utamanya sangat di dambakan pihak SMK yang ada, terlebih kegunaannya sangatlah banyak dan kita rasa bagi pemerintah untuk mengadakan atau biayanya tidaklah besar,” tuturnya.

Ia juga berharap, dengan merealisasi bantuan alat penunjang dalam pembelajaran atau praktek tersebut dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kalteng ini.

“Ini juga perlu dilakukan untuk menghadapi persaingan dunia usaha dimasa yang akan datang dan untuk Kalteng juga utamanya,” tandasnya.(YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *