MABB Deklarasi Siap Bentengi Kalteng dari Paham Radikal

 MABB Deklarasi Siap Bentengi Kalteng dari Paham Radikal

Organisasi Masyarakat Mandau Apang Baludang Bulau (MABB) saat mendeklarasikan penolkan terhadap paham intoleran dan radikal di Betang Hapakat, Palangkaraya, Kamis (15/9/2022).

KALTENGNEWS.CO.ID, PALANGKARAYA- Ormas Mandau Apang Baludang Bulau (MABB), mendeklarasikan diri untuk menolak paham intoleransi dan radikal di ‘Bumi Pancasila’. Menurut mereka, hal tersebut sangat bertolak belakang dengan filosofi Rumah Betang.

“Intoleransi dan radikalisme sangat bertolak Belakang dengan filosofi ‘Huma Betang’, yang kita pegang selama ini,” kata Ketua Umum MABB, Eter Pambudi di Betang Hapakat, Jalan RTA Milono Palangkaraya, Kamis (15/9/2022).

Pambudi menuturkan, deklarasi ini sebagai bentuk penegasan dan komitmen MABB dalam melawan dan menolak paham dan gerakan yang dapat melemahkan ideologi dan dasar Negara.

“Demikian strategisnya Pancasila dalam menopang kokohnya NKRI, maka di setiap babak sejarah Bangsa Indonesia senantiasa muncul berbagai upaya menggoyahkan keutuhan dan kokohnya NKRI dengan mengganti Pancasila dengan ideologi lain. Kami tegaskan, kami akan lawan itu!” ujar Eter Pambudi.

Ditempat yang sama, setelah melaksanakan deklarasi, Ketua DPD MABB Kabupaten Katingan, Kahui menambahkan, Pancasila adalah dasar negara, falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Ideologi tersebut menjadi dasar dalam pembangunan politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, dan hankam, serta segala sikap hidup bangsa Indonesia.

Sejauh ini lanjut dia, seluruh masyarakat Kalteng tetap berkomitmen teguh untuk berpedoman pada Pancasila. “Meski demikian kami menyadari gangguan itu kan terus ada, maka kami siap untuk menjadi bentengnya,” tegas dia. (ron)

Roni Sahala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *