Komoditas Pangan Holtikultura Diprakirakan Mampu Kendalikan Laju Inflasi 

 Komoditas Pangan Holtikultura Diprakirakan Mampu Kendalikan Laju Inflasi 

FOTO : Ilustrasi Kelompok Bahan Makanan (Sumber gambar net.)

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Adanya kebijakan pemerintah untuk menyesuaikan harga BBM bersubsidi secara langsung berdampak pada kenaikan inflasi pada kelompok transportasi. Namun demikian, kondisi tersebut diprakirakan masih dapat terkendali oleh adanya andil dari kelompok makanan, yakni pada kisaran 7 persen.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW-BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins saat menanggapi sejumlah pertanyaan yang diajukan para awak media.

“Penyesuaian harga BBM subsidi oleh Pemerintah secara langsung akan berdampak pada kenaikan inflasi pada kelompok transportasi,” ujar Kepala KPW-BI Kalteng baru-baru ini.

Namun demikian, lanjut Yura mengatakan kenaikan inflasi pada kelompok transportasi, masih dapat terkendali, dengan adanya musim panen komoditas pangan dan hortikultura baik di sentra produksi Jawa maupun di Kalimantan Tengah ini sendiri.

ia juga menyebut kelompok makanan, minuman dan tembakau yang memiliki bobot sangat besar terhadap perhitungan inflasi diprakirakan dapat menahan kenaikan inflasi lebih lanjut.

“Kami prakirakan inflasi secara tahunan (yoy) pada September 2022, masih dalam rentan terkendali pada kisaran 7 persen, dan kembali akan menurun di bawah 7 persen pada Oktober 2022,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *