Benang Bintik Punya Potensi Besar, namun Masih Minim Literasi 

 Benang Bintik Punya Potensi Besar, namun Masih Minim Literasi 

FOTO : Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah ibu Ivo Sugianto Sabran, didampingi ibu Noviana Yura Djalins saat meninjau stand UMKM Benang Bintik di kegiatan Pesona Tambun Bungai Tahun 2022, Kamis (04/08/2022) di Gedung KONI Kalteng, Kota Palangka Raya.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah ibu Ivo Sugianto Sabran menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas gelaran even Pesona Tambun Bungai (PTB) Tahun 2022 yang resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M. mulai hari ini Kamis (04/08/2022) di Gedung KONI Kalteng, Jalan Tjilik Riwut No. 02, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Ivo Sugianto Sabran menilai even ini sangat baik, karena tujuannya tidak lain untuk membangkitkan UMKM Lokal, serta memperkenalkan keanekaragaman budaya, sekaligus pula sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi di wilayah Kalimantan Tengah.

Secara khusus, istri dari Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran ini juga mengatakan dalam even ini, ada banyak produk yang ditampilkan oleh para penggiat/pelaku UMKM Lokal Kalimantan Tengah, salah satunya adalah Benang Bintik yang memiliki potensi luar biasa untuk dipasarkan, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ibu Ivo sapaan akrabnya ini juga berharap Benang Bintik kedepannya bisa menjadi ikon Kalimantan Tengah. Dimana, ketika berbicara Benang Bintik, masyarakat luas sudah bisa mengenal dan mengetahui bahwa itu berasal dari Kalimantan Tengah.

“Karena, benang bintik memiliki corak dan motif yang colorful. Sehingga sangat banyak pilihan, dan tentunya memiliki ciri khasnya sendiri,” ujarnya.

Selanjutnya, Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah ini juga kembali mengutarakan Benang Bintik memiliki potensi yang sangat luar biasa. Bahkan, dirinya juga sangat mendukung apabila kedepannya nanti Benang Bintik bisa memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“Saat ini, kami bersama-sama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kalimantan Tengah serta pihak terkait lainnya sedang berupaya untuk mengurus HKI benang bintik ke Kemenkumham, namun memang tidaklah mudah dan memang membutuhkan waktu verifikasi ulang dari Kemenkumham,” ujarnya lagi.

Tidak hanya itu, ia juga berharap selain bisa memiliki HKI, kedepan Benang Bintik juga bisa mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Dimana, maksudnya, dengan mendapatkan pengakuan dari UNESCO, maka Benang Bintik dapat diakui dan dinyatakan sebagai salah satu warisan budaya Kalimantan Tengah.

Selain itu, Ivo juga mengakui seraya membenarkan bahwa saat ini, untuk literasi terkait Benang Bintik masih dinilai sangat minim.

Untuk itu, ia juga menginformasikan masih dalam rangkaian even Pesona Tambun Bungai Tahun 2022 ini, tepatnya pada hari Sabtu (06/08/2022) sekira pukul 13.30 – 14.30 WIB, panitia juga akan menggelar Talk Show terkait “Kesah Benang Bintik Kalimantan Tengah”.

“Saya mengajak masyarakat Kalimantan Tengah agar bisa hadir pada kegiatan tersebut. Karena, kegiatan ini dinilai sangat bagus, terlebih dalam upaya pengayaan literasi terkait Benang Bintik,” ajaknya.

Dirinya juga menambahkan seraya meyakini, melalui kegiatan Talk Show terkait Kesah Benang Bintik, maka banyak hal yang akan didapat dan didiskusikan, salah satunya untuk memperkaya literasi tentang Benang Bintik itu sendiri. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *