Jelang Lebaran 1443 Hijriyah, Legislator Dapil Kalteng IV Pantau Kesiapan Pemda

 Jelang Lebaran 1443 Hijriyah, Legislator Dapil Kalteng IV Pantau Kesiapan Pemda

FOTO : Kelompok 1 Dapil Kalteng IV DPRD Kalteng yang terdiri atas H. Achmad Rasyid, Ina Prayawati dan Siswandi melakukan pemantauan di sejumlah pos pengamanan di wilayah Kabupaten Barito Selatan, Rabu (27/04/2022).

Kaltengnews.co.id – BUNTOK – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan kunjungan dalam daerah pemilihan atau Dapilnya masing-masing, secara berkelompok, guna memantau sekaligus memastikan kesiapan dari pemerintah daerah (Pemda) beserta stakeholder lainnya dalam rangka menyambut lebaran.

Hal tersebut, sebagaimana disampaikan oleh Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya H. Achmad Rasyid kepada redaksi Kaltengnews.co.id, melalui pesan WhatsApp pribadinya, Rabu (27/04/2022).

“Adapun tujuan dari kunjungan ke Dapil Kalteng IV ini, adalah untuk memantau kesiapan dari pemerintah daerah bersama stakeholder terkait lainnya, menjelang lebaran,”ucapnya.

Ketua Komisi II DPRD Kalteng Bidang SDA dan Perekonomian ini juga menyebutkan bahwa Legislator DPRD Kalteng yang berasal dari Dapil Kalteng IV, terdiri atas H Purman Jaya (Fraksi PKB); Achmad Rasyid (Fraksi Gerindra); Ina Prayawati (Fraksi PDI-P); Yulilis (Fraksi PDI-P); Hj. Sri Neni Trianawati, SE (Fraksi Golkar); Henry (Fraksi Partai NasDem); Sirajul Rahman (Fraksi GP4H); Jimmy Carter (Fraksi Demokrat) dan Siswandi (Fraksi Demokrat).

“Khususnya, kami dari Dapil Kalteng IV selanjutnya membagi kedalam 2 (dua) kelompok, yakni kelompok 1 ke wilayah Kabupaten Barito Selatan, diantaranya H. Achmad Rasyid, Ina Prayawati dan Siswandi. Sedangkan, kelompok 2 ke wilayah Barito Utara dan Murung Raya, diantaranya Jimmy Carter, H. Purman Jaya, Henry M. Yoseph, Sirajul Rahman, Yulilis dan Hj. Sri Neni Trianawati,”terangnya.

Lanjut H. Achmad Rasyid menuturkan khususnya Kelompok 1 Dapil Kalteng IV, melakukan kunjungan ke sejumlah titik pos pemantauan yang ada di wilayah Kabupaten Barito Selatan.

“Di mana, berdasarkan informasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, mereka siap melakukan pengamanan arus mudik maupun arus balik lebaran. Selain itu, Dishub Barito Selatan bersama Polres Barito Selatan, Dinas Kesehatan Barito Selatan dan Satpol PP telah membentuk Tim Gabungan Pemantauan Arus Mudik maupun Balik Lebaran, dengan cara membentuk pos keamanan di 3 (tiga) titik, yakni sekitar Kalahien; Rikut Jawu dan di simpang tiga jalan Pahlawan masuk ke arah Kota Buntok,”ujarnya.

H. Achmad Rasyid juga mengungkapkan pembukaan posko tersebut, sebagai upaya antisipasi, sekaligus dalam rangka memberikan rasa aman bagi para pemudik, baik itu saat menuju maupun keluar dari wilayah Kabupaten Barito Selatan di masa lebaran ini.

“Mereka (Tim Gabungan, red) akan bekerja secara maksimal, mengingat sebelumnya masyarakat sudah 3 (tiga) tahun tidak pulang mudik. Harapannya, meski sudah diperbolehkan untuk mudik, masyarakat juga diingatkan agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes),”ujarnya lagi

Selain melakukan pemantauan, sambung H. Achmad Rasyid mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan kunjungan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Barito Selatan.

“Berdasarkan informasi dari Disperindag setempat, menjamin ketersediaan 9 bahan pokok tetap aman sampai bulan Juli 2022 mendatang. Kenaikan terjadi, akibat pengaruh kenaikan BBM, tapi itu masih dalam batas toleransi yang wajar.”

“Upaya Disperindag Barito Selatan, juga secara rutin melaksanakan pasar murah bagi masyarakat setempat, dengan paket berisikan beras premium, minyak goreng, gula pasir dan lain-lainnya, di mana setiap paket hanya di tebus dengan harga senilai Rp. 50.000,- per paket,”katanya.

Ia juga menilai upaya yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Selatan sudah sangat baik. Harapannya, itu dapat terus dilakukan agar masyarakat menjadi aman, nyaman, terlebih pasokan 9 bahan pokok pun tetap terjaga secara baik, sampai pada saat lebaran mendatang. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *