Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Komisi II DPRD Kalteng Minta Pemda Perketat Pengawasan terhadap Pasokan dan Fluktuasi Harga Bapokting

 Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Komisi II DPRD Kalteng Minta Pemda Perketat Pengawasan terhadap Pasokan dan Fluktuasi Harga Bapokting

FOTO : Ketua Komisi II DPRD Kalteng Bidang SDA dan Perekonomian, Achmad Rasyid. 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Ketua Komisi II DPRD Kalteng Bidang SDA dan Perekonomian Achmad Rasyid mendorong pemerintah daerah (Pemda) bersama pihak terkait lainnya, baik itu di tingkat provinsi, kabupaten maupun kota se-Kalimantan Tengah agar bisa benar-benar memastikan ketersediaan pasokan dan harga bahan pokok penting (bapokting) terlebih menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M.

Menurut Politisi Partai Gerindra Kalteng ini, pengawasan terhadap ketersediaan pasokan dan harga bahan pokok penting menjadi hal yang sangat perlu untuk terus dilakukan.

Pasalnya, merangkaknya harga-harga bahan pokok penting di pasaran sesaat menjelang hari-hari besar keagamaan, seolah menjadi suatu siklus yang biasa terjadi pada tiap tahunnya.

“Untuk itu, kami meminta kepada Pemda melalui instansi dinas terkaitnya agar meningkatkan pengawasan terhadap pasokan dan harga bahan pokok penting di pasar,” ucapnya, Selasa (19/04/2022).

Lanjut Achmad Rasyid mengatakan selain memperketat pengawasan, pemerintah bersama pihak terkait lainnya juga bisa melakukan upaya konkret lainnya, seperti melakukan operasi pasar, bazar atau membuka pasar penyeimbang, apabila nanti memang ditemukan harga sejumlah bahan pokok mengalami lonjakan.

“Kami dari Komisi II DPRD Kalteng meminta kepada pemerintah daerah agar melakukan pengecekkan dan pengawasan secara berkala, terhadap pasokan dan harga kebutuhan 9 bahan pokok di pasar. Dan, apabila memang ditemukan kenaikan yang signifikan, maka kiat-kiat apa yang akan dilakukan oleh pemerintah guna menyikapi kenaikan harga tersebut,”ungkapnya.

Ia juga menambahkan upaya memperketat pengawasan terhadap pasokan dan harga bahan pokok penting di pasar, mesti harus dilakukan dari sekarang, sehingga dengan demikian pemerintah juga bisa memantau fluktuasi harga bahan pokok penting serta mempersiapkan sejumlah langkah strategis guna menyikapi dinamika pasar menjelang hari raya Idul Fitri dan Lebaran mendatang. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV   

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!