Inga Torang Anak Desa Tumbang Kajuei Berhasil Sandang Gelar Doktor Ilmu Lingkungan

 Inga Torang Anak Desa Tumbang Kajuei Berhasil Sandang Gelar Doktor Ilmu Lingkungan

FOTO : Dr. Ir. Inga Torang, MSi. beserta keluarga inti, usai mengikuti Sidang Promosi Doktor. (Foto IST.)

 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Gelaran Sidang Promosi Doktor yang dilaksanakan oleh Prodi. Doktor Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana UPR, pada hari Senin 21 Maret 2022 kemaren, menjadi suatu momen paling bersejarah dalam bidang pendidikan, khususnya bagi Dr. Ir. Inga Torang, MSi.

Putra Dayak asal Desa Tumbang Kajuei Kabupaten Gunung Mas, pada 6 November 1957 silam ini, memiliki perjalanan hidup yang cukup berliku-liku.

Keberhasilannya meraih gelar pendidikan Doktor Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana UPR, memang tidak semudah dengan apa yang kita bayangkan.

Baca Juga : Sidang Promosi Doktor, Ir. Inga Torang, MSi Layak Sandang Gelar Doktor Ilmu Lingkungan Ke-18

Di mana, saat mudanya dia lahir dari keluarga yang sangat sederhana yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.

Anak ke-2 dari 8 bersaudara ini juga menjadi panutan bagi saudara-saudaranya, sekaligus pula menjadi pioneer keluarganya di bidang pendidikan.

Pasalnya, berkat kegigihan dan semangat pantang menyerahnya, dapat memberikan contoh dan motivasi yang baik, khususnya bagi saudara-saudara kandungnya, sehingga 5 dari 8 orang saudara kandung ini pun juga berhasil menempuh pendidikan sampai ke jenjang Strata Dua (S2).

Suami dari dra. Evanorita Turang (menikah pada tahun 1985 silam) ini juga telah dikaruniai 3 (tiga) orang anak, yakni Rianheart Torang, SPi (ASN di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah); Ririnsintari Torang, ST, MT (ASN di Dinas PUPR Kota Palangka Raya); serta Arifamigia Torang, SPd, MPd.

 

FOTO : Dr. Ir. Inga Torang, MSi. beserta keluarga inti. (Foto IST.)

Sebelumnya, Dr. Ir. Inga Torang, MSi juga memiliki riwayat pendidikan yang cukup panjang, mulai dari jenjang sekolah dasar sampai pendidikan tertinggi, yakni SD Negeri Tumbang Kajuei (sekarang Kabupaten Gunung Mas, tahun lulus 1971); SMP Negeri Tumbang Samba (sekarang Kabupaten Katingan, tahun lulus 1974).

Kemudian, SMAN-1 Palangka Raya (tahun lulus 1977); Strata Satu (S1) di Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan UNLAM/ULM (tahun lulus 1984); Strata Dua (S2) di Prodi Agroklimatologi (FMIPA) Program Pascasarjana IPB (tahun lulus 1997); dan melanjutkan Strata Tiga (S3) di Prodi Doktor Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana UPR (2016 sampai lulus tahun 2022).

Selain itu, Dr. Ir. Inga Torang, MSi juga memiliki sederet riwayat pekerjaan, diantaranya pernah menjadi tenaga pengajar di SPMA Negeri Banjar Baru (tahun 1982-1983); Dosen di Fakultas Non Gelar Universitas Palangka Raya (sekarang jadi Faperta UPR, sejak tahun 1984, menjadi CPNS tahun 1985 silam sampai sekarang).

Serta, pernah menjalani program pemagangan sebagai tenaga edukatif di Geomet Fisika IPB (tahun 1991); sehingga akhirnya saat itu bisa melanjutkan studi S2 di di Prodi Agroklimatologi (FMIPA) Program Pascasarjana IPB.

Yang lebih membanggakan lagi, dia juga pemegang Lisensi BNSP sebagai anggota tim penyusun AMDAL, sehingga terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Tenaga Ahli Lingkungan Hidup Indonesia (PERTALINDO).

Serta, menjadi anggota pada Tim Peneliti Kalimantan Lestari (KALI) Project kerjasama CIMTROP UPR dengan Lecester University (Inggris).

Tidak hanya itu, Dr. Ir. Inga Torang, MSi juga memiliki sejumlah penelitian dan publikasi ilmiah, diantaranya yakni pertama, ‘Pengaruh Substitusi Tepung Daun Gamal Terhadap Pertumbuhan Ikan Mas’ (Skripsi).

Kedua, ‘Hubungan Antara Kuat Penerangan Cahaya dengan Kelimpahan dan Komposisi Jenis Fitoplankton’ (Tesis); Ketiga, ‘Distribusi Perifiton pada Sungai Gambut (publikasi ilmiah); Keempat, ‘Characteristic of Microphyta Distribution of Pager River, Central Kalimantan (publikasi ilmiah); dan Kelima, ‘Effect of Increasing pH on Periphyton Ecological Peat Water (publikasi ilmiah).

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!