Sering Terjadi Bencana Banjir, Dewan Usulkan Pembanguan Rumah Panggung

 Sering Terjadi Bencana Banjir, Dewan Usulkan Pembanguan Rumah Panggung

Foto : Anggota Komisi III DPRD Katingan Yudea Pratidina.

Kasongan – Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan kini masih berlangsung. Di momentum ini, desa dan kecamatan telah menyampaikan berbagai macam usulan untuk kegiatan tahun 2023 mendatang.

Diantaranya, usulan dari sejumlah desa yang disampaikan adalah masalah pembangunan rumah atau aula jenis panggung. Hal ini disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Katingan Yudea Pratidina, Senin (7/2/2022) kepada awak media dikantor DPRD Katingan.

Usulan ini mendapat respon positif dari politikus PDI Perjuangan ini. Sebab rumah panggung yang diusulkan ini, berfungsi untuk menampung warga ketika terjadinya bencana banjir.

“Sebab daerah kita inikan rawan bencana banjir. Jika sudah terjadi bencana banjir, ada desa tertentu di wilayah hilir yang kesulitan mencari tempat mengungsi. Karena tidak ada dataran tinggi,” kata Yudea.

Oleh sebab itu solusinya, perlu dibangun rumah atau aula jenis panggung. Dimana tiang bangunannya dibuat sangat tinggi, dengan ukuran tertentu. Sehingga nanti ketika ada bencana banjir, masyarakat bisa tinggal sementara di bangunan tersebut.

“Selama ini warga yang terdampak banjir, hanya bertahan di rumahnya saja. Dengan cara membuat katil,” ungkap wakil rakyat asal daerah pemilihan Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai, dan Katingan Kuala.

Dia mengaku sangat mendukung usulan warga ini. Namun jelasnya, untuk pembangunan rumah panggung ini nanti, dibangun dari anggaran Dana Desa.

“Ini juga mendapat respon positif dari pak Bupati. Sehingga masyarakat kita tidak lagi kesulitan untuk mengungsi,” tandasnya.

(agg/nas)

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!