Minimalisir Risiko, DPRD Kalteng Dorong Masyarakat Tanggap Bencana

 Minimalisir Risiko, DPRD Kalteng Dorong Masyarakat Tanggap Bencana

FOTO : Ketua Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Duwel Rawing saat di ruang kerjanya.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kesiapsiagaan dalam mengantisipasi potensi risiko bencana membutuhkan partisipasi semua komponen masyarakat, hal itu guna meminimalisir risiko yang akan muncul dikemudian harinya.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Duwel Rawing mengatakan bahwa bencana alam tentunya adalah salah satu hal yang tidak diinginkan. Namun, risikonya masih bisa diminimalisir ketika adanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapinya.

“Untuk itu, saya menyarankan seraya mendorong seluruh masyarakat di Bumi Tambun Bungai agar selalu memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi segala risiko bencana,” kata Duwel, Rabu (26/01/2022).

Lanjut Politisi Senior dari Fraksi PDI-P DPRD Kalteng ini juga mengutarakan bahwa memang bencana sangat sulit untuk diprediksi kapan pun bisa terjadi.

Oleh sebab itu, kesiapsiagaan menghadapi bencana memang perlu dipersiapkan oleh masyarakat dari sedini mungkin. “Kita harus mencari informasi, salah satunya adalah prakiraan cuaca, sehingga jangan sampai cuaca yang berubah-ubah itu, kita bisa menjadi korban. Karena itulah warga juga harus aktif mencari informasi terkait perkiraan cuaca,” katanya lagi.

Lebih dalam, Mantan Bupati Katingan ini menambahkan bahwa seiring berjalannya waktu, diharapkan stakeholder terkait dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat agar dapat tanggap bencana.

Hal tersebut lanjutnya, akan sangat penting dilakukan agar masyarakat dapat melakukan antisipasi jika terjadi bencana. Terlebih lagi Peraturan Daerah (Perda) Kalteng tentang Penanggulangan Bencana telah rampung

Sehingga ucap dia, sudah menjadi tugas bersama agar Perda tersebut dapat disosialisasikan kepada masyarakat, agar kedepannya agar dapat beradaptasi.

“Misalkan jika terjadi banjir, masyarakat sudah tahu kemana tempat mengungsinya. Kemudian juga tahu lewat mana jalur evakuasi dan hal lainnya,” lanjut politisi PDI Perjuangan Kalteng tersebut.

Sehingga kedepannya menurut legislator DPRD Provinsi Kalteng dari dapil I Palangka Raya, Katingan, Gunung Mas ini juga diharapkan kesiapan dari semua pihak tidak hanya dari masyarakat agar, dapat mengurangi dampak seminimal mungkin untuk antisipasi jika terjadinya bencana.

Selain itu dia juga mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga lingkungan, karena hal yang paling penting untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam adalah melakukan pencegahan dari awal.

“Selain itu kita tentunya harus bersama-sama, dari mulai sekarang untuk mengurangi aktivitas yang dapat merusak lingkungan. Jangan sampai akibat kesalahan kita saat ini, maka dampaknya dirasakan beberapa tahu kedepan.” tandasnya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!