Legislator Provinsi ini Dorong Pemda Berikan Dukungan Pengembangan Sektor Perikanan Di Barito Selatan

 Legislator Provinsi ini Dorong Pemda Berikan Dukungan Pengembangan Sektor Perikanan Di Barito Selatan

FOTO : Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, Henry, M.Yoseph.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Potensi usaha budidaya ikan merupakan salah satu sektor usaha alternatif yang dapat dikembangkan oleh masyarakat lokal, khususnya bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah.

Hal tersebut diutarakan oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi Sumber Daya Alam (SDA) dan Perekonomian, Henry, M.Yoseph kepada Kaltengnews.co.id, Sabtu (08/01/2022).

“Budidaya ikan merupakan salah satu sektor usaha potensial yang dapat dikembangkan oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Selatan. Tujuannya untuk guna menyokong kebutuhan masyarakat lokal ataupun masyarakat sekitar yang terus bertambah setiap tahunnya,” ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng ini.

Lanjut Henry mengatakan bahwa potensi sektor perikanan di wilayah Kabupaten Barito Selatan hingga saat ini sangat besar, karena itu perlu terus di gali untuk peningkatan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Saya menyambut baik usulan atau aspirasi masyarakat Barsel, akan adanya permohonan bantuan pembuatan keramba ikan dari dinas terkait,” ungkapnya.

Dirinya juga menyebutkan bahwa warga disana mengusulkan adanya bantuan pembuatan keramba ikan, bibit, jaring dan pakannya. Untuk dikelola dan dikembangkan di danau-danau yang ada di sana. Potensi perikanan di Barsel terbilang sangat bagus.

Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya ini juga mengungkapkan bahwa di Barsel cukup banyak danau yang bagus untuk usaha budidaya ikan di dalam keramba.

Potensi danau ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat untuk budidaya ikan dalam keramba diyakini akan dapat menambah sumber pemasukan masyarakat.

Dampak positifnya adalah disamping menjaga kondisi danau agar tetap lestari. Usaha keramba ikan, juga dapat sebagai salah satu sektor usaha masyarakat alternatif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Mantan Ketua DPRD Murung Raya dua periode ini juga menambahkan  saat ini masyarakat lokal membutuhkan lapangan usaha untuk dapat menambah sumber pendapatan keluarga.

“Oleh sebab itu, saya berharap usulan masyarakat ini mendapat respon positif dari dinas terkait. Karena dengan adanya bantuan itu, pemerintah provinsi maupun kabupaten setempat telah membuka lapangan usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat disana.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *