PPDB TA 2023/2024, SMP Santa Maria Palangka Raya Buka Penerimaan Siswa Baru

 PPDB TA 2023/2024, SMP Santa Maria Palangka Raya Buka Penerimaan Siswa Baru

FOTO : Siswa SMP Santa Maria Palangka Raya saat mengikuti Upacara Bendera. 

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – SMP Santa Maria Palangka Raya membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024. Dimana, penerimaan terbagi ke dalam dua gelombang, yakni Gelombang I mulai 1 Februari sampai April 2023 kemaren, dan Gelombang II mulai 2 Mei sampai Juli 2023 mendatang.

Ketua Tim Promosi PPDB SMP Katolik Santa Maria TA. 2023/2024, Kasepta Agrapta, S.Pd menyampaikan pada PPDB kali ini, SMP Santa Maria pada TA. 2023/2024 ini membuka 3 kelas, masing-masing per kelas 25 orang atau targetnya sekitar 75 orang peserta didik baru.

Ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh SMP Santa Maria Palangka Raya, diantaranya telah berakreditasi “A” berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah Nomor: 185/BAN-SM/SK/2022 tertanggal 30 November 2022 lalu.

Kemudian, memiliki sistem penyelenggaraan pendidikan yang unggul, disiplin dan berkarakter tinggi. Sehingga, dipastikan siswa SMP Santa Maria Palangka Raya dapat memiliki Karakter dan Budi Pekerti yang baik pula.

“Tata tertib Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMP Santa Maria Palangka Raya, berbeda dengan sekolah-sekolah setara pada umumnya. Disini, setiap peserta didik diatur dengan sejumlah tata tertib dan kedisiplinan yang baik, salah satunya siswa dilarang membawa dan menggunakan handphone di lingkungan sekolah.”

“Pendidikan Karakter menjadi hal utama, dimana Tata Krama dan sopan santun siswa terhadap guru, teman dan orang tua juga diajarkan supaya lebih tertib dan santun. Setiap kali bertemu dengan guru, siswa diajarkan untuk selalu menyapa bahkan adapula yang cium tangan sebagai tanda hormat kepada orang yang lebih tua,” ujar Kasepta, saat dibincangi redaksi Kaltengnews.co.id, Senin (12/06/2023) pagi.

FOTO: Kegiatan Belajar Mengajar Siswa SMP Santa Maria Palangka Raya.

Lanjut Dia, SMP Santa Maria Palangka Raya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang pendidikan, seperti adanya Laboratorium Komputer; Laboratorium IPA; Ruang Doa; Ruang UKS; Sarana Pembelajaran berupa LCD, Komputer, Laptop dan Sound System; Aula Pertemuan, Asrama Putri; Ruang Keterampilan; Internet/WiFi; Toilet Bersih; Pos Satpam; Kantin; Parkir Sepeda/Sepeda Motor serta Koperasi Siswa.

Tidak hanya itu, dalam hal prestasi dari siswa SMP Santa Maria Palanka Raya. Ia juga menyebutkan ada banyak prestasi yang telah diraih, diantaranya Terpilihnya siswa SMP Santa Maria Palangka Raya, atas nama Anita Natalia sebagai Duta Baca Tingkat Kota Palangka Raya (2022);

Juara I FLS2N Bidang Menari Tingkat Kota Palangka Raya (2022); Juara II FLS2N Bidang Desain Poster Tingkat Kota Palangka Raya (2022); serta masih ada banyak lagi sederet perolehan prestasi yang telah diraih.

Selain itu, SMP Santa Maria Palangka Raya juga memiliki berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang dinilai positif dan diyakini bisa menunjang pengembangan pendidikan karakter siswa, diantaranya Pramuka; PMR; Seni Tari; Futsal; Basket; Karate dan Seni Musik.

“Perlu diketahui bahwa siswa SMP Santa Maria Palangka Raya tidak hanya didominasi oleh siswa yang beragama Nasrani (Katolik dan Kristen), tapi adapula yang beragama lainnya, seperti Budha dan Islam. Artinya, SMP Santa Maria Palangka Raya sangat terbuka untuk masyarakat secara luas yang ingin menyekolahkan anak-anaknya, tanpa ada batasan atau pembedaan agama, latar belakang kondisi sosial ekonomi orang tuanya,” ujar Dia lagi.

Kasepta menambahkan sekaligus menepis adanya isu negatif, terkait sulit dan mahalnya biaya masuk ke SMP Santa Maria Palangka Raya. Yang mana, sebagian kalangan masyarakat beranggapan bahwa biaya masuk ke SMP Santa Maria Palangka Raya sangat mahal, namun nyatanya tidak benar demikian.

“Karena, setiap awal masuk ke sekolah, orang tua akan diwawancarai dan dilakukan penilaian oleh tim seleksi terhadap berbagai hal, termasuk pula terkait kemampuan dan kesanggupan dari orang tua untuk membayar biaya penyelenggaraan pendidikan kedepan. Sehingga, dipastikan biaya pendidikan di SMP Santa Maria Palangka Raya tidak terlalu membebani dan sesuai kemampuan ekonomi dari orang tua siswa,” timpal Dia.

Kasepta juga menginformasikan, untuk informasi PPDB SMP Santa Maria Palangka Raya TA. 2023/2024, dapat menghubungi Narahubung Sica Ferina (HP. 082155399669), Veni Anca Florensia (HP. 082157060205) atau bisa juga melakukan pendaftaran secara online dengan menscan Barcode PPDB SMP Santa Maria Palangka Raya yang tersedia di bawah ini.

FOTO: Barcode Pendaftaran PPD SMP Santa Maria Palangka Raya TA. 2023/2024.

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!