Tim PKM PG-PAUD FKIP UPR Melaksanakan Pagelaran Cerita Rakyat Kalimantan Tengah

 Tim PKM PG-PAUD FKIP UPR Melaksanakan Pagelaran Cerita Rakyat Kalimantan Tengah

FOTO : Tim Pengabdian Prodi PG-PAUD FKIP UPR berfoto bersama dengan murid, kepala sekolah dan guru TK KASIH IBU di sela kegiatan Pagelaran Cerita Rakyat Kalimantan Tengah untuk Anak Usia Dini, Kamis (8/12/2022) Foto. Ist

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Masih dalam rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat, hari ini Tim Pengabdian dari Prodi PG-PAUD FKIP UPR kembali melaksanakan pagelaran dongeng untuk anak-anak di TK KASIH IBU, berlokasi di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Jalan Tjilik Riwut Km 14, Kota Palangka Raya, Kamis (8/12/2022).

Mewakili Tim Pengabdian, Ignatia Imelda Fitriani, M.Si., menyampaikan kegiatan Pagelaran Cerita Rakyat Kalimantan Tengah di TK KASIH IBU Pal 14 hari ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mulai dilaksanakan kemaren, di Kelurahan Petuk Katimpun.

Baca Juga : PG-PAUD FKIP UPR Lakukan Pengabdian Pendidikan Karakter Anak melalui Pagelaran Dongeng Fabel

“Pada pengabdian hari kedua ini cukup berbeda dibandingkan hari kemaren. Perbedaan, selain tempat dan anggota tim, untuk ceritanya pun berbeda. Dimana, pada hari kedua ini mengusung Cerita Rakyat Kalimantan Tengah untuk Anak Usia Dini yang dilaksanakan bersama mahasiswa semester V PG-PAUD FKIP UPR,” ujarnya.

Lanjut Imelda sapaan akrab yang sekarang menjabat Kaprodi PG-PAUD FKIP UPR ini juga menerangkan adapun tujuan kegiatan Pagelaran Cerita Rakyat Kalimantan Tengah untuk Anak Usia Dini Bersama Mahasiswa Semester V PG-PAUD FKIP UPR ini, yakni tidak lain untuk menanamkan pemahaman atau mengajarkan tentang nilai-nilai budaya, kearifan lokal dan sejarah yang ada di masyarakat Kalimantan Tengah kepada anak sedari usia dini.

FOTO : Mahasiswa PG-PAUD saat memainkan peran pada Pagelaran Cerita Rakyat Kalimantan Tengah untuk Anak Usia Dini di TK KASIH IBU, Kamis (8/12/2022) Foto. Ist

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat, sekaligus pula sebagai salah satu perwujudan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

“Pengenalan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal Kalimantan Tengah kepada anak-anak sedari usia dini, menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, terlebih di tengah perkembangan zaman dan nilai-nilai budaya luar yang kini masuk dan berkembang secara pesat,” terangnya.

Imelda juga mengatakan upaya pengenalan nilai-nilai budaya lokal kepada anak-anak sedari usia dini, menjadi penting dalam proses tumbuh kembang anak, terutama dalam rangka mempersiapkan anak-anak agar lebih mengenal dan memahami nilai-nilai budaya masyarakat lokal yang ada disekitarnya.

Tidak lupa, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah TK KASIH IBU, para orang tua murid yang sudah mendampingi dan mengikuti kegiatan hari ini. Semoga kedepan, kerjasama ini dapat terus berlanjut.

Sementara itu, masih di hari dan tempat yang sama, Guru TK KASIH IBU, Dinar Cahyani Astanti, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Tim Pengabdian dari Prodi PG-PAUD FKIP UPR, karena telah memilih TK KASIH IBU sebagai tempat pengabdian, dengan melaksanakan Pagelaran Cerita Rakyat Kalimantan Tengah.

“Kami sangat menyambut baik, adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian kepada masyarakat dari Prodi PG-PAUD FKIP UPR. Saya menyaksikan secara langsung kegiatan yang dilaksanakan sangat bagus, mendidik dan bermanfaat bagi anak-anak di TK KASIH IBU. Kedepan, kerjasama antara TK KASIH IBU dan Prodi PG-PAUD FKIP UPR dapat terus berlanjut, dalam kegiatan-kegiatan lainnya juga,” harapnya.

Disisi lain, mewakili mahasiswa PG-PAUD FKIP UPR, Nemae menyampaikan kegiatan Pagelaran Cerita Rakyat Kalimantan Tengah untuk Anak Usia Dini ini dinilai sangat positif dan bagus, banyak manfaatnya, baik itu bagi kami (mahasiswa, red) maupun anak-anak yang hadir.

“Bagi kami, tentunya bisa belajar lebih luwes, sekaligus pula melatih untuk bermain peran dan mengasah kemampuan publik speaking. Melalui kegiatan ini, kami juga diajarkan untuk mempersiapkan dan mengelola sebuah kegiatan seperti Pagelaran Cerita Rakyat Kalimantan Tengah yang telah kita laksanakan hari ini,” tutupnya.

Sebagai informasi, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Prodi PG-PAUD FKIP UPR dilaksanakan selama dua hari, sejak tanggal 7 hingga 8 Desember 2022. Adapun Tim Pengabdian di TK Kasih IBU, terdiri dari Cahaya Afriani Napitupulu, M.Psi., Psikolog; Rayne Praticia, M.Pd; Intan Kamala, M.Pd; Rusmaladewi, M.Psi., Psikolog; Ignatia Imelda Fitriani, M.Si; Sophia Oktavia B., M.Si.

Turut hadir, Kepala Sekolah TK KASIH IBU, Melvaida Lumonggo, SE , MM; beserta Guru TK, Dinar Cahyani Astanti, S.Pd; Sintia dan diikuti oleh murid didampingi para orang tuanya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *