PPs UPR Gelar Sidang Promosi Doktor, Alfian Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

 PPs UPR Gelar Sidang Promosi Doktor, Alfian Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

FOTO : Sidang Promosi Doktor kepada Promovendus Terpelajar Dr. Alfian, SIK, MSi (kanan) dan Direktur Program Pascasarjana UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP (kiri) melalui sambungan zoom meeting, Senin (18/04/2022). 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs-UPR) kembali menggelar Sidang Promosi Doktor ke-18 bagi kandidat doktor, dari Program Studi Doktor (S3) Ilmu Lingkungan, melalui sambungan virtual zoom meeting, Senin (18/04/2022) pagi.

Adapun kandidat doktor yang menjalani sidang promosi hari ini, adalah Promovendus Terpelajar Alfian, SIK, MSi, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) CFA 318 010 yang merupakan kandidat doktor lulusan dari S3 Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana UPR angkatan tahun 2018, dengan judul Disertasi yang dipertahankan, yakni ‘Sosiologi Hukum Alih Fungsi Lahan Pertanian Di Kawasan eks PLG Kabupaten Pulang Pisau.’

Sidang Promosi Doktor hari ini, dibuka secara resmi oleh Ketua Sidang Promosi Doktor Dr. Andrie Elia, SE, MSi yang juga Rektor UPR, sekaligus pula bertindak selaku Co-Promotor II.

Selanjutnya, mengingat padatnya jadwal agenda dan kesibukan rektor UPR pada waktu yang bersamaan, maka rangkaian sidang promosi dimandatkan sepenuhnya kepada Sekretaris Sidang, yakni Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP yang juga Direktur Program Pascasarjana UPR sekaligus Promotor untuk memimpin, dari awal hingga akhir seluruh prosesi sidang promosi doktor pada hari ini.

Adapun rangkaian kegiatan sidang promosi hari ini, dimulai dengan acara pembukaan dan sambutan, paparan Disertasi, Tanya – Jawab antara Tim Penguji dan calon kandidat doktor, kemudian kompilasi penilaian akhir hingga pada pembacaan Berita Acara hasil sidang promosi doktor.

Di mana, berdasarkan kompilasi penilaian akhir dari seluruh Tim Penguji yang terangkum kedalam Berita Acara Sidang Promosi Doktor yang dibacakan oleh pimpinan sidang Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP menyampaikan bahwa Promovendus Terpelajar Alfian, SIK, MSi telah Lulus dan Layak untuk menyandang gelar Doktor Ilmu Lingkungan dengan perolehan IPK 4, masa studi 7 Semester 3 Bulan predikat Cumlaude.

Sehingga akhirnya, Promovendus Terpelajar Alfian, SIK, MSi bisa dinyatakan layak untuk menyandang dan menggunakan gelar pendidikan baru, yakni menjadi Dr. Alfian, SIK, MSi.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Program Pascasarjana UPR yang juga selaku pimpinan sidang, Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP menyampaikan ucapan selamat atas pencapaian dari Promovendus Terpelajar Dr. Alfian, SIK, MSi yang baru saja berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Lingkungan.

FOTO : Direktur Program Pascasarjana UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP saat Sidang Promosi Doktor kepada Promovendus Terpelajar Dr. Alfian, SIK, MSi.

“Kami sangat bangga atas pencapaian yang berhasil diraih oleh Promovendus Terpelajar Dr. Alfian, SIK, MSi, karena telah berhasil mencapai tahap akhir, yakni Sidang Promosi Doktor. Yang lebih membanggakannya lagi, mengingat beliau merupakan seorang aparatur negara, yakni sebagai anggota Polri yang sekarang bertugas di Diresnarkoba Polda Papua, masih saja sempat mengatur waktu untuk menyelesaikan pendidikan doktornya.”

“Keberhasilan yang telah diraih oleh Promovendus Terpelajar Dr. Alfian, SIK, MSi ini memang patut diapresiasi, sekaligus pula diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa program S3 Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana UPR yang lain agar ikut bersemangat dan segera menyelesaikan pendidikannya. Selain itu, saya juga berharap dengan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh, selanjutnya bisa bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara,”ujarnya.

Tidak lupa, Prof. Yetrie, MP juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Promovendus Terpelajar Dr. Alfian, SIK, MSi, karena telah mempercayakan Program Pascasarjana UPR sebagai tempat untuk meningkatkan kompetensi pendidikan dan keilmuannya.

Lanjutnya, ini menjadi suatu kebanggaan bersama, sekaligus pula wujud komitmen Program Pascasarjana UPR untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan yang memiliki kualitas unggul dan berdaya saing global, selaras dengan moto PPs-UPR yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya.

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!