Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Rektor UPR Periode 2022-2026 Telah Disepakati

 Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Rektor UPR Periode 2022-2026 Telah  Disepakati

FOTO : Ketua Senat Universitas Palangka Raya Dr. Andrie Elia, SE, MSi saat berfoto bersama Ketua Panitia Pemilihan Rektor UPR Ketua Panitia Pemilihan Prof. Dr. Joni Bungai, MPd; Wakil Ketua Panitia Pemilihan Prof. Dr. Maria A Luardini MA; Sekretaris Panitia Pemilihan Prof. Dr. I Nyoman Sudyana, MSc; serta Wakil Sekretaris Panitia Pemilihan Prof.Dr. Bambang S Laut MSc.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Senat Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar rapat tertutup bersama panitia pelaksana pemilihan Rektor UPR, dalam agenda penetapan jadwal pelaksanaan pemilihan rektor UPR periode 2022-2026. Kegiatan berlangsung di Aula Pertemuan Gedung PPIIG UPR Lantai VI, Rabu (27/04/2022) siang.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Senat Universitas Palangka Raya Dr. Andrie Elia, SE, MSi dihadiri unsur pimpinan senat universitas. Dalam tersebut, telah disepakati jadwal pelaksanaan pemilihan rektor UPR periode 2022-2026.

Usai pertemuan tersebut, saat dibincangi redaksi Kaltengnews.co.id, Ketua Senat Universitas Palangka Raya Dr. Andrie Elia, SE, MSi menyampaikan bahwa pihaknya baru saja menyepakati jadwal pelaksanaan pemilihan rektor UPR.

Selanjutnya, tinggal pembahasan Tata Tertib (Tatib) pemilihan yang nantinya akan dibahas dalam rapat senat yang akan dihadiri juga oleh Inspektur Jendral Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbutristek) untuk memberikan masukan terkait pelaksanaan pemilihan rektor UPR.

“Mengingat status pengelolaan UPR, saat ini masih Satuan Kerja (Satker) tentunya segala sesuatu harus merujuk pada arahan dari pemerintah pusat, melalui Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Teknologi (Kemendibudristek). Oleh karena itu, dalam penetapan tatib kami akan menunggu masukan dari Inspektur Jenderal Kemendibudristek,”ujarnya.

Lanjut Dr. Andrie Elia, SE, MSi yang juga masih menjabat sebagai Rektor UPR periode 2018-2022 ini juga menegaskan bahwa pihak Inspektur Jendral tidak dapat hadir dalam rapat pembahasan jadwal pelaksanaan pemilihan rektor UPR bersama dengan anggota senat pada hari ini, dikarenakan ada kendala tidak dapat tiket pesawat.

Baca Juga : Terkait Mekanisme Pemilihan Rektor UPR, Panitia Pemilihan Tegaskan Tidak Ada Intervensi dari Pihak Manapun

“Kendati demikian, kami juga bersyukur pembahasan jadwal pelaksanaan pemilihan rektor UPR, akhirnya dapat disepakati dan ditetapkan bersama dalam rapat senat, dan rapat senat pun berjalan dengan lancar,”ujarnya lagi.

Dr. Andrie Elia juga mengungkapkan bahwa saat ini jadwal pemilihan rektor yang telah disepakati bersama, yakni mulai jadwal tahapan penjaringan, tahapan penyaringan, serta tahapan pemilihan rektor.

“Sekarang ini, sepenuhnya tanggungjawab pemilihan rektor berada di Panitia Pemilihan yang didalamnya para guru-guru besar yang berpengalaman dalam pemilihan rektor. Jadi, dapat dipastikan tidak ada intervensi dari pihak manapun, termasuk dari saya sendiri selaku rektor UPR. Semua mekanisme pemilihan, sudah menjadi tanggung jawab dari panitia pemilihan yang telah disepakati pada rapat senat universitas yang dilaksanakan sebelumnya,”tegas Dr. Andrie Elia.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Jadwal pelaksanaan pemilihan rektor UPR yang sudah disepakati dalam rapat senat, yakni tahapan penjaringan bakal calon yang dimulai dengan pembentukan panitia pemilihan dijadwalkan pada tanggal 7 April 2022 kemaren.

Kemudian, penyusunan draf time line, tatib, draf tugas panitia dan sekretariat, draf pengumuman, draf form pendaftaran dan kelengkapan berkas mulai tanggal 8 sampai dengan 28 April 2022.

Penetapan tatib, pengumuman penjaringan bakal calon rektor pada tanggal 11 Mei 2022, Dilanjutkan dengan pendaftaran bakal calon rektor UPR yang dimulai tanggal 12 sampai dengan tanggal 27 Mei 2022.

Perpanjangan pendaftaran bakal calon rektor UPR dari tanggal 28 Mei sampai dengan 5 Juni 2022. Dilanjutkan dengan verifikasi berkas administrasi bakal calon rektor UPR dimulai pada tanggal 6 sampai dengan 14 Juni 2022.

Penetapan bakal calon rektor UPR yang dibahas dalam rapat senat tertutup sekaligus pengumuman bakal calon rektor UPR yang dijadwalkan tanggal 15 Juni 2022. Selanjutnya dilanjutkan dengan sosialisasi bakal calon rektor UPR ke Fakultas-Fakultas yang dijawalkan pada tanggal 16 Juni sampai dengan 6 Juli 2022.

Adapun tahapan penyaringan calon rektor UPR. Pertama jadwal penyampaian visi, misi dan program kerja calon rektor UPR dalam rapat senat terbuka besama dengan pejabat Kemendikbutristek yang direncakana pada tanggal 7 sampai dengan 8 Juli 2022, dilanjutkan dengan penilaian dan penetapan calon rektor UPR dalam rapat senat.

Selanjutnya tahapan pemilihan calon rektor dengan jadwal pemilihan calon rektor melalui pemungutan suara oleh senat dan Kemendikbutristek dalam sidang senat, dilanjutkan dengan penyampaian laporan hasil pemilihan rektor UPR kepada Kemendikbutristek.

“Tahapan terakhir, yakni penetapan dan pelantikan rektor UPR dengan jadwal penetapan rektor UPR terpilih oleh Kemendikbutristek, dan pelantikan rektor UPR oleh Kemendikbutristek”tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *