PPs-UPR Gelar Webinar Pengembangan Desa Wisata Berbasis Ramah Lingkungan

 PPs-UPR Gelar Webinar Pengembangan Desa Wisata Berbasis Ramah Lingkungan

FOTO : Kegiatan webinar seri#17 yang mengusung tema ‘Pengembangan Desa Wisata berbasis Ramah Lingkungan.’ Kegiatan dilaksanakan secara virtual, melalui sambungan zoom meeting, Jumat (10/12/2021) siang.

Lalu, memperhatikan sasaran pengunjung dan mempelajari kebutuhannya dengan memperhatikan kondisi dan situasi sosial, dimana desa wisata itu dikembangkan; bekerjasama antar desa wisata.

Bekerjasama dengan agen travel lokal, nasional maupun internasional; Menjaga hubungan baik dengan bekerjasama antar tetangga, kepala adat, kepala desa, camat dan seterusnya; Bekerjasama dengan sekolah, mulai dari TK, SD, SMP, SMA sederajat dan Perguruan Tinggi.

Dan terakhir, dengan menjalin asosiasi desa-desa wisata di dalam negeri maupun di luar negeri, dengan konsep yang sama, misalnya Sustainable Village Tourism.

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, Direktur Program Pascasarjana UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada narasumber bapak Dr. I Gede Budasi, M.Ed atas materi-materi yang sudah
dipaparkan pada kegiatan webinar hari ini.

FOTO : Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP pada kegiatan webinar seri#17 yang mengusung tema ‘Pengembangan Desa Wisata berbasis Ramah Lingkungan.’

“Materi yang disampaikan sangat bermanfaat, khususnya bagi kalangan civitas akademika di Program Pascasarjana UPR. Saya sangat bersyukur, atas penyampaian materi yang luar biasa yang sudah dibagikan oleh narasumber hari ini,” kata Direktur PPs-UPR.

Guru Besar penuh terobosan ini juga mengatakan bahwa di Program Pascasarjana UPR juga memiliki program Praktek Kuliah Lapangan (PKL).

Dimana, tujuannya untuk membekali setiap mahasiswa guna memperoleh dan mendapat pengetahuan, serta membuka wawasan mahasiswa, berdasarkan hasil kunjungan ke tempat-tempat tertentu.

“Saya sangat mendukung dan mendorong, kedepannya PKL Program Pascasarjana UPR juga bisa dilakukan di tempat-tempat desa wisata yang sudah maju. Hal ini, tujuannya melalui PKL tersebut, mereka (mahasiswa, red) dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan, terkait pengembangan desa wisata agar selanjutnya bisa diterapkan dan dikembangkan di wilayah Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif dari Program Pascasarjana UPR, dalam rangka mempersiapkan mahasiswa agar memperoleh pengetahuan dan wawasan terkait pengembangan pariwisata.

Diharapkan pula, pengetahuan dan wawasan yang telah diperoleh mahasiswa Program Pascasarjana UPR ketika menjadi peserta pada webinar hari ini, selanjutnya dapat mendukung pembangunan dan pengembangan pariwisata khususnya di wilayah Kalimantan Tengah.

Hal ini, selaras dengan moto dari Program Pascasarjana UPR itu sendiri, yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya. (YS)

 

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 
KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!