PTBI Tahun 2021, Ekonomi Kalteng Di Triwulan III-2021 Menunjukkan Tren Pertumbuhan Positif Sebesar 3,57 Persen

 PTBI Tahun 2021, Ekonomi Kalteng Di Triwulan III-2021 Menunjukkan Tren Pertumbuhan Positif Sebesar 3,57 Persen

FOTO IST. : Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran didampingi Kepala KPw-BI Kalimantan Tengah Rihando  meninjau sejumlah stand UMKM produk olahan lokal yang merupakan UMKM binaan/mitra KPw-BI Kalimantan Tengah.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah sampai dengan triwulan III Tahun 2021 berada pada level yang cukup baik. Ekonomi Kalimantan Tengah pada Triwulan III Tahun 2021 melanjutkan tren pertumbuhan positif sebesar 3,57% (y-o-y), setelah pada triwulan II-2020 hingga triwulan I Tahun 2021 mengalami kontraksi yang cukup dalam.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando dalam rangkaian acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2021, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Ballroom Swiss Bell Danum Hotel, Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 Kota Palangka Raya, Rabu (24/11/2021) pagi.

Pada kegiatan PTBI Kalteng Tahun 2021, Kepala KPw-BI Kalteng Rihando menyampaikan materi terkait Perkembangan Ekonomi Kalimantan Tengah. Dimana, dinamika global yang rumit dan komplek tersebut, perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah sampai dengan triwulan III-2021, berada pada level yang cukup baik.

FOTO : Kepala KPw-BI Provinsi Kalimantan Tengah Rihando, saat menyampaikan materi terkait Perkembangan Ekonomi Kalimantan Tengah, dalam kegiatan PTBI Kalteng Tahun 2021.

“Ekonomi Kalimantan Tengah pada triwulan III-2021 melanjutkan tren pertumbuhan positif sebesar 3,57% (y-o-y), setelah pada triwulan II-2020 hingga triwulan I-2021 mengalami kontraksi yang cukup dalam,” ucap Kepala KPw-BI Kalimantan Tengah.

Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi masyarakat mulai bangkit, lanjut Rihando mengatakan bahwa seiring dengan melandai nya kasus Covid-19, sebagai dampak percepatan vaksinasi yang masif di Kalimantan Tengah dan adanya perbaikan harga komoditas global yang signifikan.

Sehingga dapat mendorong kinerja ekspor daerah, serta dibarengi dengan perbaikan aktivitas investasi yang menjadi penopang ekonomi Kalimantan Tengah pada triwulan berjalan.

Sementara itu, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus melanjutkan tren positif, inflasi Kalimantan Tengah mulai menunjukan peningkatan, namun masih berada pada kisaran target inflasi nasional sebesar 3±1%.

Yundhi - Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *