KPU Kobar Terima Ribuan Lembar Surat Suara Pilbup Kobar

 KPU Kobar Terima Ribuan Lembar Surat Suara Pilbup Kobar

FOTO : Ketua KPU Kobar, Chaidir bersama Waka Polres Kobar saat memastikan surat suara telah sampai di Gudang Logistik KPU Kobar, Minggu (20/10/2024) Jam 01.00 WIB.

 

KALTENGNEWS.co.id – PANGKALAN BUN – KPU Kotawaringin Barat (Kobar) menerima 209.062 lembar surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Kobar. Surat suara yang dikirim melalui jalur laut ini dengan menggunakan kapal Dharma Rucitra yang tiba di Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai, Minggu (20/10/2024) Jam 00.15 WIB.

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan bahwa pihaknya langsung mengambil surat suara Pilgub di Pelabuhan setempat yang dikawal oleh pihak keamanan dari Polres Kobar.

“Alhamdulillah surat suara Pilbup sudah sampai di Gudang Logistik KPU Kobar. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Polres Kobar yang terus mengawal dengan melakukan pengamanan semua tahapan dalam penyelenggaraan Pilkada ini,” tuturnya.

Kemudian dia jelaskan bahwa surat suara Pilbup ini pihaknya menerima
sebanyak 105 dus yang berisi total 207.062 lembar. Dan juga mendapat tambahan 2.000 lembar untuk mengantisipasi kemungkinan adanya Pemilihan Suara Ulang (PSU).

“Jadi total surat suara yang kami terima semua adalah 209.062 lembar,” terang Chaidir.

Selanjutnya, Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan proses penyortiran dan lipat surat suara dengan melibatkan 40 relawan.

“Dalam proses ini estimasi kami akan menyelesaikan dalam waktu 4 sampai 5 hari,” jelasnya.

Chaidir juga menyampaikan terkait surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah untuk pengelolaannya oleh KPU Provinsi Kalteng.

Dan juga pihaknya mendapat informasi surat suara tersebut akan didistribusikan melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, yang datangnya pada tanggal 24 Oktober 2024.

“Untuk pengambilan surat suara Pilgub ini, kami masih menunggu arahan dari KPU Provinsi Kalteng. Apakah diambil langsung di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin atau di Gudang KPU Provinsi di Palangka Raya,” tambahnya.

Dalam rilisnya, Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman mengatakan, bahwa pihaknya akan mengamankan logistik Pilkada dari segala bentuk ancaman gangguan kamtibmas mulai dari proses penjemputan logistik Pilkada, lokasi penyimpanan logistik, lokasi pelipatan surat suara sampai nantinya pendistribusian logistik dari KPU sampai ke TPS.

“Kegiatan Pengamanan ini mengantisipasi segala bentuk ancaman gangguan kamtibmas sekaligus memastikan logistik yang tiba di KPU Kobar tidak kurang satu apapun,” katanya.

Kapolres juga mengingatkan bahwa, peran Polri juga akan sangat dibutuhkan dalam mengawal dan mengamankan seluruh proses tahapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

Dan juga Polri merupakan garda terdepan mengamankan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan memasuki tahapan penting dalam pelaksanaannya.

“Kami dari Polres Kobar siap melakukan pengamanan pada seluruh rangkaian Pilkada 2024, mulai dari pendaftaran hingga hari pelaksanaannya nanti,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Kobar untuk mempertahankan kedamaian situasi dalam rangka menyambut Pilkada 2024.

“Tolong pertahankan kedamaian situasi masyarakat Kabupaten Kobar dalam rangka menyambut Pilkada 2024. Dan harapan kami untuk bijak dalam bermedia sosial,” pungkasnya. (rdn/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!