Warga Desa Kalang Usulkan Pertanian

 Warga Desa Kalang Usulkan Pertanian

FOTO : Anggota DPRD Seruyan Atinita.

KALTENGNEWS – KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Atinita menyebutkan bahwa warga di Desa Kalang Kecamatan Batu Ampar saat ini menginginkan alih fungsi lahan pertanian persawahan yang ada di desa setempat menjadi perkebunan kelapa sawit.

“Untuk diketahui, salah satu usulan masyarakat khususnya di Desa Kalang saat kami reses beberapa waktu lalu, warga disana menginginkan adanya alih fungsi lahan pertanian, yaitu lahan mereka yang selama ini ditanam padi itu agar diganti jadi perkebunan kelapa sawit,” katanya.

Dijelaskannya, keinginan warga untuk alih fungsi lahan tersebut tidak lain karena untuk pertanian padi di desa setempat sangat sulit untuk dikembangkan. Selain itu dikatakannya, dari informasi warga setempat yang diterimanya rata-rata lahan warga yang hanya cocok untuk lahan perkebunan kelapa sawit.

“Oleh karena itulah warga sangat ingin sekali lahan mereka dirubah manjadi lahan perkebunan kelapa sawit saja karena dianggap lebih cocok,” tuturnya.

Kendati demikian ungkapnya, untuk alih fungsi lahan tersebut warga saat ini terkendala beberapa hal terutama dari segi permodalan untuk membeli bibit, mengolah lahan dan sebagainya.

Melihat hal itu, ia berharap pemerintah daerah dapat memperhatikan keinginan masyarakat tersebut agar kiranya dapat memberikan bantuan permodalan, ataupun menganggarkan untuk pengadaan bibit.

“Ini merupaka aspirasi dari masyarakat setempat, dengan adanya bantuan dari pemerintah daerah diharapkan dapat mengembangkan sektor perkebunan di desa setempat dan yang lebih pentung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Politikus Partai Golkar itu menambahkan, terkait permasalahan ini, ia juga menginginkan kepada perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit yang beroperasional disekitar desa tersebut turut memberikan perhatian, setidaknya memberikan bantuan bibit, pupuk untuk masyarakat. (Agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!