Legislator Kalteng Ini Dorong Pemerintah Daerah Fasilitasi UMKM

 Legislator Kalteng Ini Dorong Pemerintah Daerah Fasilitasi UMKM

FOTO: Ketua Komisi II DPRD Kalteng, H. Achmad Rasyid

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Achmad Rasyid, mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk menguatkan program di bidang perekonomian yang menjangkau para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurutnya, pemerintah perlu membantu dan memfasilitasi UMKM agar bisa berkembang dari segi kegiatan usaha dan mampu naik kelas. Dukungan tersebut mencakup pembiayaan yang terjangkau, pelatihan keterampilan, akses pasar yang luas, serta bimbingan teknis dalam mengelola dan pengembangkan usaha UMKM.

“Saya mendukung penuh upaya untuk pemberdayaan UMKM agar dapat meningkatkan kualitas produk, akses pasar, serta daya saing di tingkat regional maupun global,” ucap Rasyid, Senin (01/07/2024).

Legislator Partai Gerindra menegaskan, dengan memberikan dukungan yang komprehensif bagi UMKM tentunya akan membantu mereka (para pengusaha, red) untuk berkembang, meningkatkan produktivitas dan bersaing secara lebih efektif.

Lebih lanjut, selain mendukung melalui kebijakan dan program, pemerintah juga bisa memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti asosiasi UMKM, lembaga pendidikan ataupun komunitas lokal untuk memperluas jaringan pemasaran.

“Kalau saya sendiri memang mengakui UMKM ita ini memiliki potensi besar untuk naik kelas dan berkontribusi lebih besar dalam pembangunan daerah, sehingga tinggal bagaimana pemerintah saja yamg mendorong itu,” ujarnya.

Rasyid juga berharap UMKM di provinsi Kalteng terus berkembang dan naik kelas, serta memberikan dampak yang positif bagi perekonomian daerah. Dengan dukungan yang berkelanjutan akan membawa kegiatan usaha itu ke level yang lebih tinggi dan memberikan manfaat yang lebih luas.

“UMKM ini tidak hanya berbicara tentang pelaku usaha, tapi tentang dampak yang ditimbulkan untuk daerah. Kegiatan usaha ini kalau berkembang baik, tentu memiliki kontribus terhadap perekonomian Kalteng,” pungkasnya.

Wartawan: Maria Sabatiani

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!