Potensi Pariwisata Kalteng Banyak Belum Tergali 

 Potensi Pariwisata Kalteng Banyak Belum Tergali 

FOTO : Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi.

PALANGKARAYA, Kaltengnews.co.id –  Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi menyampaikan sektor pariwisata merupakan salah satu yang mampu menghasilkan pendapatan untuk daerah, termasuk pula akan memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat disekitarnya.

“Sebab itu, kami meminta seraya mendorong pemerintah daerah (Pemda) baik itu provinsi, kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah ini, agar dapat menggali semua potensi pariwisata di setiap daerah,” ujar dia, Rabu (26/06/2024).

Lanjut Politisi Partai Demokrat Kalteng ini juga mengatakan masih banyak potensi pariwisata yang dapat digali di provinsi ini. Jika, itu dimaksimalkan maka akan berdampak positif bagi PAD dan juga kesejahteraan masyarakat disekitarnya.

“Pemda, melalui instansi terkaitnya dalam hal ini Disbudpar harus dapat berkomitmen mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada disetiap daerahnya,” ujarnya lagi.

Pasalnya, hal itu menjadi kesempatan untuk mengembangkan potensi pariwisata baik yang sudah ada maupun yang baru akan dibangun. “Kita dapat mencontohi beberapa daerah di Indonesia, khususnya yang memiliki dan mengelola sektor pariwisatanya dengan baik, dampak yang mereka dapatkan sangat signifikan, jadi jika itu bisa kita terapkan di Kalteng maka pariwisata kita bisa maju dan berdampak pada daerah dan juga masyarakat,” ujarnya lagi.

Di sisi lain, agar sektor tersebut bisa berkembang pemda juga harus dapat memperhatikan beberapa hal seperti fasilitas penunjang atau sarana dan prasarana objek wisata itu sendiri contohnya infrastruktur jalan dan lain sebagainya.

“Berbagai hal yang berkaitan dengan fasilitas penunjang maupun infrastruktur jalan itu penting, sebab jika semua itu terlihat bagus maka dampaknya wisatawan yang berkunjung akan meningkat. Dan dari sisi promosi juga lakukan secara global agar bisa dikenal hingga manca negara.” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!