Menindaklanjuti SE Mendagri RI, PWI dan Pemprov Gelar Diskusi Publik “Mengawal Pilkada Serentak Kalteng Tahun 2024”

 Menindaklanjuti SE Mendagri RI, PWI dan Pemprov Gelar Diskusi Publik “Mengawal Pilkada Serentak Kalteng Tahun 2024”

FOTO : Sambutan Gubernur yang di wakilkan oleh wakil gubernur H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M. yang bertempat di bahalap Swiss- Belhotel Danum (20/06/2024).

PALANGKARAYA, Kaltengnews.co.id – Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Nomor 200.2.1/2222/SJ, tertanggal 13 Mei 2024 tentang Stabilitas Kegiatan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Tahun 2024. Serta, SE Ketua Umum PWI Pusat Nomor 391/PWI-P/LXXVIII/2024, tertanggal 17 Mei 2024, ditujukan kepada Ketua PWI se-Indonesia untuk  dapat menindaklanjuti SE Mendagri dimaksud.

Maka dari itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah menyelenggarakan Diskusi Publik, dengan mengusung tema “Mengawal Pilkada Serentak Kalteng Tahun 2024” dan sub-tema “Pilkada Sukses Keamanan Terjaga”. Kegiatan ini, secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo, S.Sos., MM.,  di Swiss – Belhotel Danum, Jalan Tjili Riwut, Kota Palangkaraya, Kamis (20/06/2024)

 “Pemilihan Kepala Daerah merupakan pesta demokrasi yang patut disambut dengan penuh kegembiraan. Melalui Pilkada ini, masyarakat dapat memilih pemimpin terbaik, untuk kemajuan pembangunan didaerahnya,” ucap Wagub Kalteng, H. Edy Pratowo.

Lanjutnya, Pilkada tahun 2024 ini diselenggarakan serentak hampir di seluruh daerah di Indonesia. “Tercatat, Ada 37 Provinsi, 93 Kota, dan 415 Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun 2024, baik itu pemilihan gubernur, walikota, dan bupati. Ini kali pertama transisi pemerintahan daerah diselenggarakan serentak pada satu tahun yang sama, dengan pemilu nasional. Kualitas penyelenggaraan demokrasi ini ditentukan oleh keterbukaan proses dan hasilnya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Kalteng M. Zainal menyampaikan kegiatan diskusi publik ini, selain menindaklanjuti Surat Edaran dari Mendagri dan Ketum PWI Pusat, juga merupakan bentuk kepedulian sebagai warga Kalteng yang menginginkan agar semua tahapan Pilkada serentak di Provinsi Kalteng dapat berjalan aman, damai, dan lancar.

“Dalam diskusi publik ini, kami sengaja menghadirkan para narasumber yang merupakan pejabat penting terkait kamtibmas daerah, penyelenggara pilkada, penegak hukum, akademisi dan juga unsur pengusaha,” ungkap Ketua PWI Kalteng, M. Zainal.

ia menuturkan melalui kegiatan diskusi publik ini, diharapkan adanya komitmen dari semua pihak terkait, untuk menjamin Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kalimantan Tengah, nantinya dapat berjalan dengan aman dan lancar. Sehingga, kehidupan masyarakat serta iklim usaha pun, baik itu perkebunan, pertambangan, perkayuan dan lain sebagainya dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

“Dan, lebih pentingnya lagi untuk masyarakat adalah stabilitas usaha dan pasar akan terjaga, apabila Pilkada Serentak 2024 ini dapat berjalan aman, lancar dan kondusif. Kami, tidak mempersoalkan siapa pun pemimpin yang akan terpilih nantinya. Karena kami meyakini bahwa semuanya mempunyai komitmen tinggi untuk membuat ekonomi di daerah ini terus berkembang maju, dan kehidupan masyarakat aman, damai dan kondusif sampai pasca pilkada,” ungkapnya lagi.

ia pun berharap. selain pemilu nanti dijalankan secara aman, tertib, dan lancar, partisipasi masyarakat juga tinggi. Sehingga legitimasi pemimpin yang terpilih, baik Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota nantinya juga baik.

Wartawan: Ricko

Edtor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!