Ini Upaya KPU Kobar Tingkatkan Partisipasi Pemilih

 Ini Upaya KPU Kobar Tingkatkan Partisipasi Pemilih

FOTO : Ketua KPU Kobar, Chaidir saat di ruang kerja.

KALTENGNEWS.co.id – PANGKALAN BUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) berusaha meningkatkan jumlah pemilih pada pemilihan gubernur/wakil gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) dan bupati/wakil bupati Kobar tahun 2024. Mereka menargetkan partisipasi pemilih mencapai sekitar 75 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan persentase partisipasi pada pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024 yang lalu.

“KPU Kobar menetapkan target minimal 75 persen pada Pilkada serentak 2024 ini, baik untuk pemilihan bupati/wakil bupati Kobar maupun gubernur/wakil gubernur Kalteng,” kata Ketua KPU Chaidir, Selasa (25/6/2024)

Untuk mencapai target tersebut, KPU Kobar akan lebih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat kelurahan/desa. Selain itu, KPU juga akan berkolaborasi dengan komunitas dan membentuk tim relawan yang disebut relawan demokrasi. Tim ini terdiri dari puluhan orang dengan latar belakang yang beragam sehingga informasi dapat tersebar luas.

“Kami menggandeng semua elemen masyarakat. Kami juga membentuk relawan demokrasi sebanyak 10 orang dari 10 segmen, misalnya segmen perempuan, segmen pemilih disabilitas, dan segmen lainnya. Tugas mereka membantu KPU Kobar melakukan sosialisasi Pilkada serentak yang akan diadakan pada Rabu, 27 November 2024. Semua elemen akan kami libatkan,” jelas Chaidir.

Dia berharap partisipasi masyarakat Kobar pada Pilkada serentak tahun ini meningkat, serta masyarakat semakin sadar akan pentingnya ikut serta dalam pemilihan kepala daerah yang menentukan masa depan daerah selama lima tahun ke depan. (Rdn/ag)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!