Dewan Kateng Dorong Kinerja BUMD Semakin Maksimal

 Dewan Kateng Dorong Kinerja BUMD Semakin Maksimal

FOTO : Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Jimmy Carter.

PALANGKARAYA, Kaltengnews.co.id – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah meminta kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di seluruh wilayah Kalimantan Tengah agar dapat bekerja secara lebih maksimal.  Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Jimmy Carter.

“Kami meminta agar Badan Usaha Milik Daerah dapat lebih optimal, dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).Keberadaan BUMD sangat strategis berperan aktif membantu pemerintah daerah meningkatkan PAD. Sebab, PAD merupakan salah satu penopang anggaran untuk pembangunan berbagai sektor di provinsi ini,” ujar dia, Selasa (18/06/2024).

Lanjutnya, BUMD harus mampu optimal dalam upaya meningkatkan PAD, karena badan usaha ini didirikan yakni tujuannya untuk membantu pemerintah menghasilkan pendapatan daerah agar pembangunan bisa terus berjalan.

“Saya melihat di beberapa daerah, BUMD-nya sangat maju dan berkembang sebab memiliki banyak anak perusahaan, sehingga mampu memberikan PAD yang cukup besar untuk daerahnya,” ujarnya lagi.

Selebihnya, ia pun berharap BUMD yang ada di Kalimantan Tengah ini bisa mencontoh BUMD yang ada di beberapa daerah yang kini telah maju dan berkembang.

Pasalnya, di Kalimantan Tengah sendiri juga memiliki BUMD yaitu PT Banama Tingang Makmur yang tentunya jika optimal dalam pengembangannya maka akan memberikan dampak positif bagi PAD Kalimantan Tengah.

“Tidak ada salahnya kita mencontohkan BUMD yang ada diluar daerah, apalagi BUMD itu sudah maju dan berkembang. Apa yang ada disana bisa menjadi refrensi BUMD daerah ini. Kita sangat berharap BUMD yang ada di provinsi ini bisa berbuat banyak untuk daerah terutama dalam rangka meningkatkan PAD,” demikian tutupnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!