Tingkatkan Kompentensi Kapability, UPR Gelar Workshop SPMI dan AMI

 Tingkatkan Kompentensi Kapability, UPR Gelar Workshop SPMI dan AMI

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kapability Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI), Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Palangka Raya (LP3MP-UPR), mulai hari Rabu, 29 Mei 2024 melaksanakan kegiatan workshop SPMI dan AMI. Kegiatan tersebut, dilaksanakan sejak tanggal 29 sampai 30 Mei 2024, di Aula Rahan Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Palangka Raya.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua LP3MP UPR Dr. Berkat, S.P., M.Si, mengatakan kegiatan ini sebagai bagian penting dalam upaya LP3MP untuk  meningkatkan kompetensi dan kapability bagi semua auditor AMI – SPMI yang ada di Universitas Palangka Raya. 

“Lahirnya Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023, menjadi salah satu bagian penting kedepan bagi LP3MP dan juga semangat baru bagi LP3MP dalam mengakomodir berbagai kebijakan yang termaktub dalam kebijakan tersebut di lingkungan Universitas Palangka Raya,” ujar dia.

Dr. Berkat mengatakan khususnya terkait penjamiman mutu, ia berharap kedepan penjaminan mutu di setiap prodi dan fakultas yang ada di lingkungan Universitas Palangka Raya menjadi sebuah kebiasaan. Sehingga, bukan hanya sekedar syarat formalitas untuk akreditasi, tetapi sebagai bagian penting dalam mengoptimalkan setiap layanan yang bermutu di Universitas Palangka Raya.

Sementara itu, Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S, menekankan pentingnya sistem penjaminan mutu yang ada di Universitas Palangka Raya untuk menjadi program penting di fakultas/prodi/dan semua unit yang ada di Universitas Palangka Raya. 

“Saat ini, Universitas Palangka Raya berstatus BLU (Badan Layanan Umum) sehingga tugas berat juga menanti khususnya kinerja dalam mengoptimalkan mutu di Universitas Palangka Raya. Untuk mewujudkan hal itu, maka diperlukan suatu kerjasama yang baik dan kerja keras semua pimpinan di semua level penting kiranya agar kedepan Universitas Palangka Raya, supaya dapat menjadi unggulan dalam berbagai layanannya,” ungkap Rektor UPR.

Menurut dia,  kebijakan baru di Kemendikbudristek harus mampu diimplementasikan dengan baik di Universitas Palangka Raya  kedepannya. “Selaku pimpinan Universitas Palangka Raya, saya berjanji akan terus mengawal semua unit agar dapat bekerja dengan baik dalam menciptakan suasana akademik yang unggul dan berkarakter di Universitas Palangka Raya,” pungkasnya. 

Disisi lain, Koordinator Pusat Manajemen Mutu LP3MP Universitas Palangka Raya, Suprayitno, S.AN., M.A.P melaporkan bahwa peserta yang diundang dalam worskhop tersebut berasal dari Auditor Mutu Internal (AMI) UPR sebanyak 106 Orang, Auditor ISO 9001:2015 sebanyak 11 orang dan Ketua unit penjaminan mutu di tingkat fakultas & pascasarjana sebanyak 9 Orang. Kegiatan workshop mendatangkan narasumber ahli tersebut yaitu Dr. Elvi Rusmiyanto Pancaning Wardoyo, M.Si  dan Dr. Ir. Erlinda Yurisinthae, MP dari Universitas Tanjung Pura (Untan) Pontianak. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!