Sumber Daya Alam Barsel Melimpah, Inventarisasi Diperlukan

 Sumber Daya Alam Barsel Melimpah, Inventarisasi Diperlukan

Foto: Anggota DPRD Barsel, Jarliansyah.

Kaltengnews.co.id, BuntokSumber Daya Alam (SDA) di Kabupaten Barito Selantan (Barsel), Kalimantan Tengah, sangat berlimpah dan harus dikelola sebaik mungkin, salah satu upayanya yakni dengan melakukan inventarisasi atau pendataan.

Setiap desa yang ada di wilayah Barsel dan sekitarnya, sebaiknya bisa mendata sektor strategis yang berpotensi untuk dikembangkan terutama yang berkaitan dengan SDA.

“Pendataan potensi sektor strategis sangat penting dalam untuk meningkatkan tata kelola SDA, ini agar bisa lebih baik dan dapat berdampak positif bagi desa baik dalam pembangunan, ekonomi maupun kemandirian,” terang Anggota DPRD Barsel, Jarliansyah, Jumat (31/5/2024).

Ia menilai potensi SDA di setiap desa di Barsel ini sangat menjanjikan, tinggal didata dan dicanangkan program pengembangannya. Dengan begitu, SDA yang ada bisa dikelola sebaik mungkin.

Saat ini, menurutnya, banyak produk unggulan daerah yang bisa dikembangkan dan terus dipromosikan, diantaranya, durian lokal, Nenanas, Rotan dan Karet, ikan dan lainnya.

“Perlu pembahasan mendalam untuk menetapkan komoditas-komoditas yang layak ditetapkan sebagai produk-produk unggulan. Harapannya nantinya produk-produk tersebut akan membawa manfaat besar bagi masyarakat dan daerah,” pungkasnya. (MS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!