Raih 3 Kategori Juara di Dewata Essay Competition, Yuliana Novita Bikin Bangga FISIP UPR 

 Raih 3 Kategori Juara di Dewata Essay Competition, Yuliana Novita Bikin Bangga FISIP UPR 

FOTO: Dekan FISIP UPR Bhayu Rhama, ST., M.BA., saat foto bersama dengan Yuliana Novita mahasiswa semester 6 dari Jurusan Ilmu Pemerintahan yang telah berhasil meraih 3 nominasi juara dalam ajang Dewata Essay Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Dhyana Pura Bali.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Yuliana Novita mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan (IP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) telah membawa nama harum almamater Universitas Palangka Raya (UPR) di kancah nasional, yakni dengan berhasil menyabet 3 nominasi juara sekaligus dalam ajang tingkat nasional, Dewata Essay Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Dhyana Pura Bali, pada tanggal 4 hingga 5 Mei 2024 kemarin.

Capaian prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa semester 6 (enam) ini, tak hanya menjadi suatu kebanggaan bagi dirinya sendiri, melainkan hendaknya juga prestasi yang telah diraih ini bisa membawa nama harum Universitas Palangka Raya di kancah nasional bahkan internasional.

Saat diwawancarai, Yuliana Novita menyampaikan ada 3 nominasi juara yang telah berhasil direbut, yakni meraih Gold Medal di Bidang Pariwisata; Best Presentation; serta Juara 1 dari keseluruhan bidang ( ada 8 kategori,red) yang diperlombakan di Dewata Essay Competition ini.

Menurutnya, untuk bisa mendapat juara memang tidak lah mudah, itu perlu perjuangan keras. Karena, persaingan pada setiap kategorinya terbilang cukup ketat yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah se-Indonesia.

“Misalnya, untuk Esai-nya sendiri, saya harus bersaing dengan kurang lebih 215 peserta yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Begitupun untuk kategori lainnya, saya juga harus bersaing dengan ratusan peserta yang rata-rata memiliki peluang yang sama untuk menang di setiap kategorinya,” ujar Yuliana Vita, Rabu (15/05/2024).

Kemudian untuk kategori Pariwisata, ia mengatakan ada 5 (lima) tim yang bersaing. Dari Universitas Palangka Raya, dalam timnya ia berpasangan dengan rekan se-timnya yang berasal dari FKIP UPR.

Sementara itu, Dekan FISIP UPR Bhayu Rhama, ST., MBA., menyampaikan apresiasi serta ucapan selamat atas hasil pencapaian prestasi yang diraih Yuliana Novita, mahasiswa semester 6 Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UPR ini.

“Kita tentunya akan terus mendorong dan memberikan dukungan kepada seluruh mahasiawa dalam meraih prestasinya,” kata Bhayu, Kamis (16/5/2024) di ruang kerjanya.

Lanjut Asesor muda Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ini juga mendorong mahasiswa untuk bisa berbuat sesuatu mulai dari sekarang ini dan itu harus dilakukan secara konsisten.

Adapun dukungan yang dimaksudkan, ujarnya lebih dalam yakni dengan cara terbalik,  mahasiswa harus bisa membuktikan terlebih dahulu apa yang diharapkan, baru bisa diberikan dukungan.

“Bukan hanya sekedar menyerahkan proposal-proposal yang nantinya kita juga tidak tau hasilnya seperti apa?,” ujar Bhayu menambahkan.

Bhayu menuturkan FISIP tidak hanya menjadikan mahasiswa yang sebelumnya tidak berhasil menjadi berhasil.

“Akan tetapi FISIP UPR juga kedepanya diharapkan dapat membuat mahasiswa yang berhasil menjadi lebih berhasil lagi. Hal itu tentunya dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, berkarakter dan berdaya saing global,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!