Prioritas Kesehatan Pro-Rakyat di Barsel: Responsif dan Efektif

 Prioritas Kesehatan Pro-Rakyat di Barsel: Responsif dan Efektif

Foto: Anggota DPRD Barsel, Zainal Khairuddin.

Kaltengnews.co.id, BuntokDalam pelaksanaan pembangunan kesehatan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) harus selalu pro rakyat, responsif atau tanggap terhadap permasalahan dan kebutuhan daerah.

Selain itu, dalam pelaksanaannya pula Pemkab Barsel harus selalu tanggap terhadap situasi kondisi setempat, termasuk sosial budaya dan kondisi geografis.

“Pemerintah daerah Barsel telah berjanji akan terus mewujudkan masyarakat yang sehat dari tahun ke tahun. Maka dari itu, pembangunan di bidang kesehatan harus prioritas karena memang telah tertuang di dalam sapta program Pemerintah Kabupaten Barsel,” ucap Anggota DPRD Barsel, Zainal Khairuddin, Minggu (19/5/2024).

Menurutnya, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat sudah pasti ada target yang harus diperhatikan secara serius. Di antaranya bidang kemiskinan, pendidikan dasar, kesetaraan gender, kematian bayi dan anak, peningkatan kesehatan ibu, penurunan penyakit HIV, malaria dan TBC, termasuk akses air bersih serta lingkungan sehat.  

Dari sejumlah target itu, harus diperhatikan dan terus ditingkatkan pemerintah, sehingga dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan bisa terwujud, terlebih  masyarakat bisa selalu sehat dan mandiri.

“Memang dalam pelaksanaan program ada beberapa kendala antara lain jumlah dan mutu tenaga kesehatan yang belum memenuhi kebutuhan. Terlebih belum fokusnya pembiayaan kesehatan dan masyarakat miskin yang belum sepenuhnya terjangkau dalam pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (MS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!