Perlindungan Anak di Barsel: Komitmen Penuh Pemerintah dan Masyarakat

 Perlindungan Anak di Barsel: Komitmen Penuh Pemerintah dan Masyarakat

Foto: Anggota DPRD Barsel, Rusinah Andelen.

Kaltengnews.co.id, Buntok Anak merupakan amanah yang harus dijaga dan dilindungi segala kepentingannya, fisik, psikis, intelektual, hak-haknya, harkat dan martabatnya. Melindungi anak bukan hanya kewajiban orang tua, melainkan juga menjadi kewajiban semua.

“Dalam hal ini negara harus berkomitmen untuk memenuhi dan menjamin hak-hak anak secara efektif melalui berbagai kebijakan, program, dan kegiatan yang optimal dan berkesinambungan,” terang Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Rusana Andelan, Jumat (31/5/2024).

Adapun urusan pemerintahan di bidang pelindungan anak, lanjutnya, di Indonesia tergolong dalam urusan pemerintahan konkuren, yang dibagi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta menjadi urusan wajib pemerintahan daerah, khususnya kabupaten.

Ia mengatakan, upaya pemerintah daerah untuk melaksanakan berbagai kebijakan berkaitan dengan pelindungan anak demi terwujudnya Barsel sebagai kabupaten layak anak, merupakan bentuk kepedulian atas kesejahteraan anak.

“Maka dari itu kami mendukung langkah ini. Kepedulian tersebut bermakna pada kesungguhan upaya untuk mendukung pemenuhan hal-hal yang dibutuhkan anak untuk bertahan hidup dan tumbuh kembang secara optimal seperti pemenuhan kebutuhan dasar,” jelasnya.

Kualitas pengasuhan dalam lingkungan keluarga, kesempatan pendidikan yang berkualitas serta kesempatan untuk belajar, menjadi bagian dari proses di dalam masyarakat. (MS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!