Pentingnya Pengawasan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

 Pentingnya Pengawasan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

FOTO : Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suriani bersama jajaran BPK RI Perwakilan Kalteng menghadiri Rakornas pengawasan internal yang digelar secara daring. (Foto : Ist)

 

KALTENGNEWS.co.id – NANGA BULIK – Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suriani menyebut pengawasan merupakan salah satu instrumen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan akuntable.

“Pengawasan merupakan upaya preventif guna mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme,” kata Lilis pada Jumat 24 Mei 2024.

Untuk itu baru-baru ini, pemkab Lamandau mengikuti rapat koordinasi nasional pengawasan internal secara daring, serta tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah.

Lebih lanjut Lilis menjelaskan, pengawasan dapat dimaknai sebagai upaya membangun pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa. Adanya pengawasan, maka akan meningkatkan rasa tanggung jawab dari aparatur yang memiliki tugas dan kewenangan dalam pelaksanaan suatu pekerjaan.

“Pengawasan merupakan suatu proses guna memastikan apakah pelaksanaan suatu kegiatan atau pekerjaan berjalan sebagaimana mestinya,” tuturnya.

Ia pun menegaskan, agar pemerintahan berjalan secara efektif dan efisien sesuai rencana kerja maupun ketentuan peraturan Perundang-Undangan, maka tak bisa dipisahkan dari kegiatan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Lilis menambahkan, juga sebagai upaya mencegah terjadinya kelalaian, kelemahan maupun penyimpangan agar tidak terjadi kerugian serta hal lain yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Ketua BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah, Muhammas Yusuf Ateh dalam sambutannya mengatakan, lembaganya akan mengawal penuntasan pembangunan jangka menengah untuk kesinambungan pembangunan.

“Rakornas Wasin ini dilaksanakan untuk mengordinasikan pengawasan agar efektif mengawasi pembangunan 2024 tersisa,” tandasnya. (fit/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!