Pemkab Lamandau Pamerkan Produk Unggulan di Kalteng Expo

 Pemkab Lamandau Pamerkan Produk Unggulan di Kalteng Expo

FOTO : Penjabat Bupati Lamandau saat berada di stand pengrajin tenun Tanilo Sega. (Foto : Ist)

KALTENGNEWS.co.id – NANGA BULIK – Pemkab Lamandau pamerkan sejumlah produk unggulan Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) dari daerah setempat dalam pergelaran Kalteng Expo 2024 yang digelar di Arena Pameran jalan Temanggung Tilung, Kota Palangka Raya.

“Saya berharap melalui pameran tersebut produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Lamandau semakin maju dan dikenal luas oleh Masyarakat,” ungkap Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suriani pada Senin (13/5/2024).

Salah satu produk unggulan yang ditampilkan adalah kain tenun Tanilo Sega yang dibuat oleh pengrajin dari Desa Bukit Indah, Kecamatan Bulik. Mereka merupakan UMKM binaan Pemkab Lamandau melalui Dinas Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah,Perdagangan dan Perindustrian (DKUMPP).

Lilis menjelaskan, dalam proses produksinya, para pengrajin masih menggunakan alat tenun tradisional. Kain tenun dengan panjang 6 meter memerlukan waktu sekitar 1 bulan dalam pengerjaannya.

“Kain tenun Tanilo Sega ini bagus, lembut dan termasuk salah satu yang paling bagus di Kalteng,” sebutnya.

Ia meminta kedepan produksi tenun tersebut bisa dibuatkan motif yang lebih menarik lagi, khususnya motif khas Kabupaten Lamandau sehingga bisa menarik calon pembeli. Saat ini, Tenun Ikat Tanilo Sega Kabupaten Lamandau sudah memiliki 13 motif.

Salah satunya motif pinang sekayu yang sudah memperoleh HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Perlu diketahui, pengrajin kain tenun Tanilo Sega akan ikut berpartisipasi dalam HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke 44 Tahun 2024 di Surakarta.

Lilis mengharapkan, partisipasi Kabupaten Lamandau dalam Kalteng Expo 2024 diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan promosi produk lokal serta membuka peluang pasar yang lebih luas bagi pelaku UMKM di daerah tersebut. (fit/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!