Pemda Diharapkan Berperan Aktif Memajukan UMKM di Kalteng

 Pemda Diharapkan Berperan Aktif Memajukan UMKM di Kalteng

FOTO: Ketua Komisi II DPRD Kalteng, H. Achmad Rasyid.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Achmad Rasyid, mendorong agar pemberdayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kalteng lebih diperhatikan lagi.

Menurutnya, ada banyak cara untuk meningkatkan perekonomian salah satunya pengembangan usaha masyarakat melalui UMKM. UMKM memiliki potensi besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan, mendorong inovasi dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian Kalteng.

“Saya mendukung penuh upaya untuk memberdayakan UMKM agar dapat meningkatkan kualitas produk, akses pasar, serta daya saing di tingkat regional maupun global,” ucap Rasyid, Rabu (29/05/2024).

Rasyid menyebutkan, Pemerintah daerah, lembaga keuangan, serta sektor terkait lainnya perlu berperan aktif dalam mendukung UMKM. Hal ini mencakup pembiayaan yang terjangkau, pelatihan keterampilan, akses pasar yang luas, serta bimbingan teknis dalam mengelola dan mengembangkan usaha UMKM.

“Dukungan yang komprehensif bagi UMKM akan membantu mereka untuk berkembang, meningkatkan produktivitas dan bersaing secara lebih efektif. Peningkatan kapasitas dan kualitas UMKM, akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah, serta peningkatan kesejahteraan bagi pelaku UMKM dan masyarakat sekitar,” bebernya.

Legislator Kalteng ini juga menambahkan, perlu dilakukan koordinasi  dengan berbagai pihak terkait, seperti asosiasi UMKM, lembaga pendidikan dan komunitas lokal. Sehingga dapat memperluas jaringan, saling bertukar informasi, serta membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM di Kalteng

 “Dengan pemberdayaan yang kuat dan dukungan yang berkelanjutan, UMKM di Kalteng memiliki potensi besar untuk naik kelas dan berkontribusi lebih besar dalam pembangunan,” pungkasnya.

Wartawan: Maria Sabatiani

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!