Panitia UCI MTB Eliminator Gandeng Dit Pamobvit Polda Kalteng Lakukan Risk Assesment

 Panitia UCI MTB Eliminator Gandeng Dit Pamobvit Polda Kalteng Lakukan Risk Assesment

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co,id – Dalam rangka memastikan keamanan, kenyamanan dan kelancaran kegiatan kejuaraan dunia balap sepeda gunung atau UCI Mountain Bike Eliminator seri ke-3 dari 8 series yang berlangsung pada hari Minggu 19 Mei 2024, di Sirkuit SG1973 Kota Palangkaraya.

Maka, pihak panitia pelaksana kegiatan bekerjasama dengan Dit. Pamobvit Polda Kalteng melakukan Risk Assesment atau Penilaian Risiko Bahaya. Kegiatan yang dilaksanakan ini mencakup banyak hal, salah satunya dengan melakukan peninjauan ke area sirkuit yang akan digunakan nanti.

Kepada awak media, Direktur Dit Pamobvit Polda Kalteng, Kombespol Elijas saat didampingi Ketua Harian Pengprov ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka menyampaikan adapun tujuan dari Risk Assesment ini tak lain ingin melihat sejauh mana kesiapan penyelenggaraan kegiatan besar ini.

“Kami akan menilai semua potensi risiko bahaya atau Risk Assesment. Kita akan coba melihat apa saja yang sekiranya yang telah dipersiapkan oleh panitia untuk mengantisipasi itu. Nanti, kita bersama-sama dengan pihak panitia akan memberikan masukan guna mengantisipasi risiko bahaya itu,” ujar dia.

Lanjut Kombespol Elijas mengatakan ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan, diantaranya toilet, tenda dan CC-TV yang nantinya akan dilengkapi oleh panitia atau EO (Event Organizer) dalam beberapa hari yang tersisa, sebelum kegiatan ini dilaksanakan.

“Nanti, kita akan kembali bersama-sama melakukan pengecekkan lagi, sebelum tanggal 19 Mei 2024 nanti,” ujarnya lagi.

Kombespol Elijas mengatakan terkait penilaian sirkuit, tentunya itu bukan ranah kami, tapi itu ada timnya sendiri yang telah memiliki sertifikasi untuk melakukan supervisi atau penilaian.

Namun, yang pasti pihaknya (POLRI,red) juga akan memberikan dukungan pengamanan, mulai dari H-1, dari bandara menuju hotel, dari hotel menuju sirkuit dan begitupun sebaliknya, sampai para peserta kembali lagi ke bandara.

“Adapun jumlah personil yang akan diturunkan nanti, akan kami koordinasikan bersama dengan kawan-kawan internal Polri, terkait jumlah personil yang akan diturunkan,” kata Kombespol Elijas menambahkan.

Sementara itu, Ketua Harian Pengprov ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Polda Kalimantan Tengah, karena telah memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan UCI Mountain Bike Eliminator series ke-3 dari 8 series.

“Nanti, tanggal 17 Mei 2024, kami juga akan melakukan gladi untuk memastikan kesiapan dari penyelenggaraan kegiatan ini,” ujarnya.

Rahmat Hamka pun mengatakan mengingat kegiatan ini bertepatan dengan rangkaian HUT Kalteng ke-67 Tahun, tentunya untuk pengamanan akan semakin ditingkatkan lagi.

“Kami rencananya juga akan melibatkan pengamanan swadaya masyarakat, termasuk pula melibatkan pengamanan adat. Hal ini kami maksudkan sebagai bentuk dukungan dari masyarakat atas penyelenggaraan kegiatan ini,” ujarnya lagi.

Dirinya pun menambahkan untuk track tidak ada perubahan yang berarti. Namun, yang pasti pihaknya akan memberikan yang terbaik dalam penyelenggaraan UCI MTB Eliminator seri-3 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

“Mengingat, event ini berskala internasional yang akan diikuti oleh peserta yang berasal dari kurang lebih 60 negara, sekaligus membawa nama baik Indonesia. Tentunya, kami memiliki tanggungjawab besar agar kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik. Untuk seri ke-4, event ini akan dilaksanakan di Turkey,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!