Dewan Kalteng Dorong Pemda Mewujudkan Kawasan Ekonomi Hijau

 Dewan Kalteng Dorong Pemda Mewujudkan Kawasan Ekonomi Hijau

FOTO: Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sudarsono.

PALANGKARAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sudarsono mendorong pemerintah daerah (Pemda) di wilayah Kalimantan Tengah agar dapat mampu mewujudkan ekonomi hijau di wilayah tersebut.

Menurutnya,  pentingnya mengembangkan sektor ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. “Ekonomi hijau merupakan konsep yang menggabungkan pertumbuhan ekonomi dengan perlindungan lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ekonomi hijau, Kalteng dapat menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya, Jumat (24/05/2024),

 Tak hanya itu, ia pun menyoroti potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Kalteng, seperti kekayaan hutan dan potensi energi terbarukan. “Pengelolaan yang bijaksana dan berkelanjutan terhadap sumber daya alam ini dapat menjadi basis untuk pengembangan ekonomi hijau di wilayah tersebut,” ujarnya lagi.

 Dirinya juga menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam mewujudkan ekonomi hijau.

“Dalam hal ini, pemerintah perlu memberikan dukungan kebijakan dan insentif yang memfasilitasi pengembangan sektor ekonomi hijau, sedangkan masyarakat dan sektor swasta perlu terlibat aktif dalam implementasi dan pengembangan inisiatif ekonomi hijau,” pungkasnya.

ia menambahkan, dengan mewujudkan ekonomi hijau, Kalteng diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengembangkan pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. (ys)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!