UPR Gandeng UK Centre of Ecology and Hydrology Gelar Seminar Internasional

 UPR Gandeng UK Centre of Ecology and Hydrology Gelar Seminar Internasional

FOTO: Kegiatan Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh UPR bekerjasama dengan UK Centre of Ecology & Hydrology dengan dukungan Borneo Nature Foundation, Selasa (23/04/2024).

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Universitas Palangka Raya (UPR) bekerjasama dengan UK Centre of Ecology & Hydrology dengan dukungan Borneo Nature Foundation, Kali Project menyelenggarakan International Conference on Tropical Peatland yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai Tanggal 23 April sampai 25 April 2024.

Kegiatan ini mengusung tema Sustainable Land Management of Peatland and Beyond for Net Zero, Nature and People in Southeast Asia berlangsung di Gedung Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambut (PPIIG) UPR.

Pembicara maupun peserta yang hadir, tak hanya datang dari dalam negeri melainkan  ada juga yang datang dari  luar negeri.

Dalam seminar ini, disajikan sebanyak 55 paparan dan juga 15 poster terkait tentang gambut.

Berdasarkan informasi dari panitia, semua bahan paparan akan dituliskan dalam bentuk artikel lengkap dan akan dipublikasikan dalam Prosiding Internasional “IPO Proceeding Enviromental Earth Science” yang terindkes scopus.

Adapun yang menjadi Keynote Speaker adalah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan sebagai Invite Speaker Prof.Fachmuddin Agus (Badan Riset dan Inonasi Nasioanal); Prof. Sang Ho Yun (Nanyang Technological University, Singapore); Dr.Julia Drewer (UK Centre of Ecology & Hydrology); serta Prof.Dr. Supiandi Sabiham (Institut Pertanian Bogor).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini, Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak, MS., melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Natalina Asi, M.A menyampaikan Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia didorong untuk menjadi World Class University.

“Khususnya bagi UPR sendiri, aspek gambut menjadi hal yang spesifik, unik dan berpotensi untuk terus dikembangkan sebagaimana tujuan yang dimaksud. Maka dari itu, kerjasama dengan berbagi lembaga nasional dan internasional menjadi sangat penting,” ujarnya.

Dr. Natalina Asi, M.A mengatakan salah satu upaya yang dilakukan, yakni melalui kegiatan yang mulai dilaksanakan mulai hari ini.

“Kegiatan ini akan mengangkat dan menyajikan penelitian-penelitian terbaru terkait net zero, secara khusus tentang pengelolaan gambut dan dampak yang ditimbulkan,” ujarnya lagi.

Menurunya, apabila dikaitkan dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) UPR yang konsern dengan Wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Lahan Gambut tentunya kegiatan ini sangat relevan sekali untuk kemajuan UPR.

Sehingga demikian, kegiatan seminatr ini sangat baik bagi UPR dalam rangka meningkatkan kemajuan UPR. Dan, secara khusus kinerja Universitas.

“Saya sangat mengharapkan melalui seminar ini dapat menjadi seminar regular setiap tahun yang dapat meningkatkan kinerja dan peringkat UPR,” harapnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!