Terdeteksi Flu Singapura di Kalteng, Masyarakat Dihimbau Tetap Waspada

 Terdeteksi Flu Singapura di Kalteng, Masyarakat Dihimbau Tetap Waspada

FOTO: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng, Dr. dr. Suyuti Syamsul, MPPM

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Penyebaran Flu Singapura kini semakin marak terjadi di Indonesia, berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) pada minggu 11 tahun 2024 setidaknya ada sekitar kurang lebih lima (5) ribu orang yang telah terinfeksi.

Tidak terlepas terkhususnya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengenai penyebaran flu ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng Suyuti Syamsul, mengungkapkan kasus flu Singapura ini telah terdeteksi berdasarkan data sistem pelaporan online pihaknya.

“Berdasarkan sistem pelaporan online terdata, flu singapura ini terjadi di semua kabupaten dan kota se-Kalteng,” ungkap Suyuti ketika dihubungi via pesan WhatsApp, Rabu (03/04/2024).

Terkait jumlah kasus atau orang yang terinfeksi, Suyuti tidak membeberkan secara pasti, namun menurutnya kasus flu Singapura ini terdata dan ada pada sistem pelaporan online Dinkes Kalteng saat ini.

Lebih lanjut, meskipun penyebaran flu Singapura telah masuk Kalteng, dirinya menuturkan untuk saat ini, flu itu belum menjadi prioritas Dinkes Kalteng. Karena penyakit (flu, red) tersebut dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak masuk dalam taraf mematikan.

“Namun, kita tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan menerapkan pola hidup sehat. Apabila mengalami gejala flu berat, segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat,” pesannya.

Wartawan: Maria Sabatiani

Editor: Yundhy Satrya 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!