Sinergi Pemanfaatan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Barsel

 Sinergi Pemanfaatan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Barsel

Foto: Anggota DPRD Barsel, Raden Sudarto.

Kaltengnews.co.id, BuntokDalam pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, tentunya harus dibarengi dengan pelestarian dan hal ini perlu menjadi perhatian bersama.

“Pemanfaatan SDA yang tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan kerusakan lingkungan serius dan berdampak negatif bagi kehidupan manusia dan keberlangsungan ekosistem,” ucap Anggota DPRD Barsel, Raden Sudarto, Sabtu (27/4/2024).

Menurutnya, SDA merupakan aset berharga yang dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat, namun hal ini tidak boleh dilakukan dengan mengorbankan keberlanjutan dan keberagaman hayati.

Pemanfaatan SDA yang dibarengi dengan pelestarian tentunya sangat baik untuk keberlangsungan, terutama dari segi kelestarian SDA itu sendiri

Menurutnya, ini dalam kontek mengusulkan langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan untuk menjaga keberlanjutan SDA.

“Salah satunya yaitu dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip ekonomi hijau, sehingga pemanfaatan SDA bisa dilakukan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab. Selain itu, untuk menjaga kelestarian SDA ini juga memerlukan sinergi serta kolaborasi dari semua pihak,” pungkasnya.

Paling penting, lanjutnya, yakni dari adanya sinergi serta kolaborasi itu diharapkan juga dapat menghasilkan kebijakan dan praktik yang mendukung pelestarian alam dan keberlanjutan ekonomi. (MS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!